Selasa, 29 Mei 2012

Membuat Animasi dari Foto

Artikel kali ini adalah tentang cara membuat animasi menggunakan gambar dari jepretan foto. Dalam pembuatan animasi foto ini membutuhkan kesabaran dan ketelitian agar hasil gerakan terlihat sesuai dan dinamis. Bahan serta perlengkapan yang di butuhkan adalah kertas, pensil, penghapus, gunting dan sebuah kamera yang sudah di lengkapi tripod. Tentunya untuk membuat sebuah animasi dibutuhkan keterampilan menggambar baik itu yang akan dijadikan gerakan atau background. Proses pembuatannya memang agak lama karena tiap gambar tidak akan sama agar dapat disesuaikan dengan gerakan animasi yang diinginkan. Sebagai contoh untuk membuat animasi orang berjalan membutuhkan minimal empat buah gambar dengan obyek yang persis sama namun berbeda pada gambar tangan dan kaki yang seolah-olah sedang berjalan. berikut cara membuat animasi sederhana yang nantinya bisa dikembangkan lagi oleh rekan-rekan semua.

1. Langkah awal adalah membuat gambar obyek yang diinginkan misalnya gambar ikan atau bola.

2. Gunting gambar dengan teliti sehingga tidak ada kertas sisa di tiap sela-sela gambar. Agar hasil lebih optimal bisa menambahkan warna agar terlihat lebih hidup.

3. Buatlah gambar background yang sesuai dengan tema animasi, jika kita membuat animasi tentang ikan dilaut maka bisa membuat gambar terumbu karang.

4. Masukan obyek gambar ke dalam background, kemudian foto satu persatu obyek gambar dengan memindahkannya. Pastikan posisi saat memfoto sesuai dan sama dengan pembatas background agar hasil animasi menjadi bagus.

5. Setelah semua foto terkumpul dengan berurutan, maka langkah terakhir adalah dengan memprosesnya dengan software video maker misalnya windows movie. Add file foto secara berurutan tadi dan klik play untuk melihat hasilnya. Agar hasil video animasinya bagus bisa dipercepat lagi gerakan per foto tadi, karena semakin cepat semakin baik.

Semoga tips diatas dapat membantu rekan-rekan yang ingin membuat animasi sederhana karya sendiri tentunya dapat menghibur.

Artikel lainya :
-Agar blog lebih teroptimasi search engine
-Belajar mencari keyword itu penting
-Contoh iklan banner Buzzcity
-Fungsi backlink dan manfaatnya untuk blog
-Hitungan histats berbeda
-Keuntungan tombol google plus
-Mengoptimalkan seo wapsite
-Pentingnya penerapan keyword judul postingan blog

2 komentar:

  1. trims atas tutorialnya ya

    BalasHapus
  2. Iya sama-sama mbak Rina, terima kasih kunjungannya :D

    BalasHapus

situs 3gp

Blog list