Senin, 21 Mei 2012

Penyebab Motor Honda Vario Bergetar

Belt dan Roler Vario

Artikel kali ini adalah merupakan berbagi pengalaman admin ketika servis motor honda vario di bengkel resmi ahass. Pada saat itu motor mengalami masalah pada bagian penggerak dimana sewaktu menjalankan pada rpm rendah terasa bergetar, tentunya hal ini sangat tidak nyaman saat mengendarainya.


Pada waktu itu saya sempat menelantarkan motor vario ini dalam keadaan mengalami kendala seperti yaitu adanya getaran yang dampaknya juga terasa sampai di kemudi stang. Karena tidak sempat pergi untuk servis, maka sempat lama juga memakai vario dalam keadaan yang tidak nyaman ini :D.

Akhirnya ada celah waktu yang memungkinkan saya bisa pergi untuk servis dan diniatkan bahwa motor ini harus segera diperbaiki agar bisa tampil prima lagi di jalan. Singkat cerita saya sudah di bengkel resmi honda dan segera mendaftar ke resepsionis lalu menceritakan keluhan motor Vario pada salah satu teknisinya yang sudah memegang sertifikat resmi honda. Teknisi yang sudah berpengalaman ini sudah tahu kendala motor dan memberitahukan penyebabnya. Masalah pada Honda Vario ternyata terletak pada belt dan roler, dan normalnya harus di ganti setiap kilometer 24.000.

Ahkirnya motor dengan cepat di perbaiki dengan alat servis memadai. Singkat cerita pengerjaan bongkar pasang di kerjakan hanya dalam waktu kurang lebih 30 menit dan sudah tersusun rapi siap untuk di jalankan. Setelah membayar biaya sparepart dan ongkos pasang, saya sudah tidak sabar untuk segera pakai honda vario kesayangan dijalan he he he, dan wow motor terasa seperti dalam keadaan baru dan tampil prima.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat khususnya untuk pemilik Honda Vario :D.

Mungkin komentar mas budi permana ini juga dapat membantu budi permana16 November 2013 09.36 IMHO gak cm masalah di vbelt sm roller bro. klo getar pas rpm rendah apalagi getaranya parah musti curiga sama kampas kopling otomatis. penyakitnya kampas otomatis sdh aus/habis atau kena oli/grease jd tdk bs cengkram rumah kopling. klo kampas masih bagus >2mm cukup di amplas dikit dan bersihin dari grease. tp klo kampas sdh habis ya hrs ganti sktr 310rb. so saranqu klo servis pake grease jgn yg abal2. dan jgn tll banyak pemakaiannya cukup sedikit tapi melumasi bagian bergesekan. krn klo kebanyakan pasti kemana2 krn putaran pulley salah satunya kena ke kampas kopling itu.

(artikel ini mengalami editan 27 februari 2015)

Artikel terkait seputar otomotif
-Agusta brutale 675 bermesin tiga silinder
-Ferrari ff dengan gerak 4 roda
-Motor CB 150R Bintang JMCS 2012
-Moge Hypersport Kawasaki ZX-14R

43 komentar:

  1. bos mau tanya harga spare part dan service nya total berapa bos?vario punya gue juga bergetar di rpm rendah..ironisnya itu terjadi setelah kmarin habis ganti sil.mohon info nya bos..

    BalasHapus
  2. @denni: ongkos kerja di ahass nya sekitar 45 ribu terus ganti van belt dan roller baru 110 ribuan. Semoga membantu kang :D.

    BalasHapus
  3. bos kalo motor matic vario ada suara ngik-ngik di mesin kenapa yah????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tahu banyak kendala mesin vario bunyi kang, tapi nanti mau tanya sama mekanik di Ahass masalah umum seperti diatas. Maaf nih jawabannya kurang memuaskan :D.

      Hapus
  4. Bisa dicontoh ne bos...
    ane juga penggemar vario.
    thank bos...

    BalasHapus
  5. @Lathif Sama: iya kang sama-sama, terima kasih kunjungannya nih ke blog saya he he he

    BalasHapus
  6. vario ane juga persis kayak gitu kang, tapi lom sempet k ahass.koq di ahass akang murah y,perasaan tahun lalu ane ganti roller itu 70rb per set,van belt 140rb + ongkos 70rb...total 280rb kang..padahal ahass

    BalasHapus
  7. vario ane juga persis kayak gitu kang, tapi lom sempet k ahass.koq di ahass akang murah y,perasaan tahun lalu ane ganti roller itu 70rb per set,van belt 140rb + ongkos 70rb...total 280rb kang..padahal ahass

    BalasHapus
  8. @sen sen hao: oh gitu kang, berarti harga ahass ada juga yang berbeda ya. apa mungkin di tempat saya kebetulan ada diskon. terima kasih masukannya kang sen sen

    BalasHapus
  9. Аmazing isѕues here. I am very hapρy
    to see your artiсle. Thankѕ ѕο much and I'm looking ahead to touch you. Will you please drop me a e-mail?

    Here is my web page; personal loans bad credit

    BalasHapus
  10. bang vario saya juga bergetar pada RPM rendah,,kemaren sudah diganti V-belt nya sama bering
    tapi cuma 2minggu yng bagus,,habis itu mulai lagi..
    ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Anong setiawan : oh gitu ya, dikira punya saya aja kang kemungkinan besar kondisi motor harus di servis lagi di tempat yang sama Terima kasih banyak nih masukannya :D

      Hapus
  11. Bang, vario saya kasus kasusnya bergetar pada RPM rendah, padahal kira2 dua bulan lalu saya sudah ganti V-belt, Roller berikut rumah Roller di AHASS tapi masalah masih sama. Sudah minta perbaikan lagi oleh teknisi AHAS dan seminggu kemudian terjadi masalah yang sama. Mohon pencerahan....

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  13. IMHO gak cm masalah di vbelt sm roller bro.
    klo getar pas rpm rendah apalagi getaranya parah musti curiga sama kampas kopling otomatis.
    penyakitnya kampas otomatis sdh aus/habis atau kena oli/grease jd tdk bs cengkram rumah kopling.
    klo kampas masih bagus >2mm cukup di amplas dikit dan bersihin dari grease.
    tp klo kampas sdh habis ya hrs ganti sktr 310rb.

    so saranqu klo servis pake grease jgn yg abal2. dan jgn tll banyak pemakaiannya cukup sedikit tapi melumasi bagian bergesekan. krn klo kebanyakan pasti kemana2 krn putaran pulley salah satunya kena ke kampas kopling itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ Budi Permana : wah terima kasih banyak Mas Budi masukannya ternyata itu juga salah satu penyebabnya juga..saya juga bingung kok masih getar juga he he he

      Hapus
  14. vario saya yg vario 110,juga sama penyakit y,tapi setelah saya ganti roler ma vanbelt y tetep aja gak ada perubahan y,sampai saya ganti kesil2 y segala,pusing saya sampai hari ini gara2 vario110 keluaran 2010 akhir.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. vario saya yg vario 110,juga sama penyakit y,tapi setelah saya ganti roler ma vanbelt y tetep aja gak ada perubahan y,sampai saya ganti kesil2 y segala,pusing saya sampai hari ini gara2 vario110 keluaran 2010 akhir.

    BalasHapus
  17. vario saya yg vario 110,juga sama penyakit y,tapi setelah saya ganti roler ma vanbelt y tetep aja gak ada perubahan y,sampai saya ganti kesil2 y segala,pusing saya sampai hari ini gara2 vario110 keluaran 2010 akhir.

    BalasHapus
  18. vario saya yg vario 110,juga sama penyakit y,tapi setelah saya ganti roler ma vanbelt y tetep aja gak ada perubahan y,sampai saya ganti kesil2 y segala,pusing saya sampai hari ini gara2 vario110 keluaran 2010 akhir.

    BalasHapus
  19. vario saya yg vario 110,juga sama penyakit y,tapi setelah saya ganti roler ma vanbelt y tetep aja gak ada perubahan y,sampai saya ganti kesil2 y segala,pusing saya sampai hari ini gara2 vario110 keluaran 2010 akhir.

    BalasHapus
  20. vario saya yg vario 110,juga sama penyakit y,tapi setelah saya ganti roler ma vanbelt y tetep aja gak ada perubahan y,sampai saya ganti kesil2 y segala,pusing saya sampai hari ini gara2 vario110 keluaran 2010 akhir.

    BalasHapus
  21. vario saya yg vario 110,juga sama penyakit y,tapi setelah saya ganti roler ma vanbelt y tetep aja gak ada perubahan y,sampai saya ganti kesil2 y segala,pusing saya sampai hari ini gara2 vario110 keluaran 2010 akhir.

    BalasHapus
  22. vario saya yg vario 110,juga sama penyakit y,tapi setelah saya ganti roler ma vanbelt y tetep aja gak ada perubahan y,sampai saya ganti kesil2 y segala,pusing saya sampai hari ini gara2 vario110 keluaran 2010 akhir.

    BalasHapus
  23. vario saya yg vario 110,juga sama penyakit y,tapi setelah saya ganti roler ma vanbelt y tetep aja gak ada perubahan y,sampai saya ganti kesil2 y segala,pusing saya sampai hari ini gara2 vario110 keluaran 2010 akhir.

    BalasHapus
  24. vario saya yg vario 110,juga sama penyakit y,tapi setelah saya ganti roler ma vanbelt y tetep aja gak ada perubahan y,sampai saya ganti kesil2 y segala,pusing saya sampai hari ini gara2 vario110 keluaran 2010 akhir.

    BalasHapus
  25. vario saya yg vario 110,juga sama penyakit y,tapi setelah saya ganti roler ma vanbelt y tetep aja gak ada perubahan y,sampai saya ganti kesil2 y segala,pusing saya sampai hari ini gara2 vario110 keluaran 2010 akhir.

    BalasHapus
  26. Iya kang bener juga pengaruhnya cuma beberapa hari aja, tapi ada masukan dari kang Budi Permana katanya coba periksa kampas kopling otomatisnya..

    BalasHapus
  27. Maaf boss.motor saya juga terasa bergetar dan terasa tersendat2 rasanya .tp tak bawa ke ahass kok katanya motor saya gak knapa2 yaa..padahal saya yg tiap hari pakai motor ini bner2 gak nyaman.

    BalasHapus
  28. Mohon saranya bos mungkin ada yg tau penyebabnya

    BalasHapus
  29. @kang Rivan :coba cek kampas koplingnya kang ada yang bilang begitu, kok aneh ya orang ahassnya engga kerasa he he he..

    BalasHapus
  30. Maaf bos, motor vario saya jg sama bergetar ampe stang. Kemarin sempet pake ban gede, pas saya ganti ban ukuran standar gredeknya sedikit berkurang. Kira2 apa lg y bos yg saya harus ganti??? Tolong infonya bos,, thanks

    BalasHapus
  31. @aloenk bekasi : mungkin link ini dapat membantu kang http://serbaserbiizzat.blogspot.com/2013/09/honda-vario-getar-sampe-ke-stang-pada.html

    BalasHapus
  32. mohon maaf, saya punya vario lama belum injeksi.
    kendala :
    jika start awal jalan (baik di lampu merah, atau waktu pertama jalan) itu jalannya lonat-loncat atau ndut ndutan.
    yang sudah dilakukan :
    1. ganti fan belt
    2. ganti roller (jika bengkel mengatakannya)
    tetapi kendala masih saja saya alami.
    habis service dan ganti part pulih tetapi hanya dengan beberapa hari maximal 7-8 hari. seterusnya kembali lagi.
    mohon bantuannya karena saya sudah di beberapa bengkel baik AHASS atau bukan. dan part pengganti ori AHM.
    terima kasih
    ynnrny@gmail.com
    nurany

    BalasHapus
    Balasan
    1. kondisi anda sama dengan vario yg saya gunakan. part yg bermasalah ada di mangkuk koplingnya

      Hapus
    2. terima kasih atas balasan dan pencerahannya, jika mengganti mangkuk koplingnya tersebut harga berapa ?
      mohon maaf baru sempat karena kerjaan...
      terima kasih. dan mohon apa saja yang perlu diganti sehingga enak lagi.

      Hapus
  33. Terima kasih masukannya kang Heru..semoga pengalamannya dapat membantu teman-teman yang lain..

    BalasHapus
  34. bang kalo beat sama ga yah ? motor beat ane nge geter pas tarikan awal ,, tapi pas dari rumah keluar mah kaga,, pas ane lg dijalan kosong terus nemuin macet,, pasti pas tarikan awal di jalanan macet itu yg nge geter ,, itu knpa yah ??? mohon info nya

    BalasHapus
  35. Kayaknya sama aja kang sama vario..coba cek kampas kopling otomatis sama rollernya juga kang ke ahass

    BalasHapus
  36. Vario saya menginjak usia 2 tahun, km baru 6000an, juga sudah terasa sekali getarannya sampai ke bagian setang saat rpm rendah. Apakah solusi yg terbaik ya? (tentunya solusi selain ganti sepeda motor baru lho). Beberapa kali masuk bengkel hanya dibersihkan dan divaslin, getarnya hilang, tapi setelah dipakai sekitar semingguan kumat lagi getarnya.

    BalasHapus
  37. Vario saya menginjak usia 2 tahun, km baru 6000an, juga sudah terasa sekali getarannya sampai ke bagian setang saat rpm rendah. Apakah solusi yg terbaik ya? (tentunya solusi selain ganti sepeda motor baru lho). Beberapa kali masuk bengkel hanya dibersihkan dan divaslin, getarnya hilang, tapi setelah dipakai sekitar semingguan kumat lagi getarnya.

    BalasHapus
  38. Kang motor saya vario 125 new kendala nya di bagiang belakang ada suara kaya setang piston berisik ngorok apah yahh takut setang piston kena

    BalasHapus

situs 3gp

Blog list