Minggu, 15 Juli 2012

Tanaman (Hias) pembersih racun udara di dalam rumah

Enviromental protection agency , Amerika memperkirakan kualitas udara di dalam rumah sering kali 10 kali lipat lebih buruk dibanding udara di luar rumah. Kabarnya ada cara mudah dan murah untuk membersihkan racun didalam rumah. Para ahli nasa - national aeronautics and space administration yang meriset cara membersihkan udara di stasiun ruang angkasa, juga meneliti tanaman hias yang bisa memperbaiki kualitas udara yang kita hirup. Dari hasil eksperimen ditemukan 50 tanaman yang bisa membersihkan udara. Dimuat dari buku eco friendly house plant yang ditulis Dr. B.C Wolverton ahli yang memimpin tim riset. Zat kimia berbahaya yang paling umum ditemukan dirumah dan dikantor adalah formaldehyde, benzene, trichloroethylene, dan karbon monoksida. Zat-zat kimia yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan ini dikeluarkan berbagai benda di dalam ruangan. Mulai dari pembersih rumah tangga, pestisida, cat, printer, mesin photocopy, mesin fax permukaan yang di laminasi
Formaldehyde. Ditemukan hampir pada semua lingkungan indoor, berasal dari :
perabot kantor atau perabot rumah tangga yang dibuat dari papan partikel atau produk kayu pressed. Produk kertas seperti kantong bahan makanan, handuk kertas dan tissue wajah.
perekat di dalam penutup lantai dan pendukung karpet bahan-bahan pembersih yang umum digunakan dalam rumah tangga.
Gas alamiah dari kompor minyak tanah, asap rokok, bahan tahan api dan anti air.

Simpton yang disebabkan antara lain : iritasi pada mata, hidung dan tenggorokan, sakit kepala, alergi dermatitis, kaitan kontroversial dengan asma, kanker, penyakit saluran napas kronik dan masalah-masalah neuropsychological.

Benzene
berasal dari pelarut yang umum digunakan seperti minyak, cat, pewarna, tinta, serat sintetis.
Simpton yang disebabkan antara lain: iritasi pada kulit dan mata, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, gangguan psikologis serta beberapa penyakit sistem darah antara lain anemia dan penyakit sumsum tulang.

Trichloroethylene
berasal dari industri dry-cleaning dan pembersih logam yang juga dapat ditemukan dalam tinta cetak.

Karbonmonoksida berasal dari asap rokok, pembakaran bahan bakar minyak, pemanas air gas
simptom paparan kadar rendah dapat menyebabkan mual dan pusing.

Berikut cara tanaman hias membersihkan udara:
studi-studi menunjukan daun, akar, tanah dan mikro-organisme bekerja bersama dalam hubungan simbiotik untuk membersihkan polutan zat kimia.
polutan udara diabsorp lewat bukaan mikroskopik didalam daun yang disebut stomata, melalui translocation senyawa-senyawa bergerak de dalam tanaman ke zona akar. Toksin dibersihkan dari udara, lalu masuk kedalam tanah dan dipecah oleh mikroba. Tapi sebagian zat kimia dihancurkan dari proses biologis tumbuhan sendiri tanpa melibatkan aksi mikroba tanah. Daun tanaman melepaskan uap air ke udara lewat proses yang disebut transpiration, daun mengangkut toksin ke zona akar. Pengangkutan toksin dapat ditingkatkan jika daun paling bawah dari tanaman dibuang sehingga tanah bisa kontak sebanyak mungkin dengan udara. Mikroba tanah menghancurkan toksin menjadi sumber makanan untuk mikroba dan tanaman. Berbagai jenis populasi mikroba hidup di dalam tanah. Mereka antara lain bertanggung jawab membuat nutrien untuk tanaman, detoksifikasi tanah. Mereka sangat adaptif yang punya kemampuan bermutasi untuk menghadapi perubahan-perubahan lingkungan.
Sebagian besar tanaman fotosintesis di siang hari tapi sebagian tanaman termasuk sebagian besar cucculent, anggrek dan bromeliad justru bertindak sebaliknya yang membuka stomata di malam hari. Karena itu dengan pilihan tanaman yang seimbang, kita bisa membersihkan udara dalam rumah terus menerus siang dan malam.

Inilah daftar tanaman (hias) pembersih racun udara di dalam rumah (hasil penelitian NASA)

Lady palm
Mendapat nilai 7 dalam membersihkan zat kimia

Areca Palm
Tanaman ini sangat baik dalam membersihkan formaldehyde dan mendapat nilai 8 dalam membersihkan zat kimia, tanaman ini perlu sinar matahari 2 jam dan memerlukan kelembapan tinggi.

Boston Fern
tanaman ini membersihkan formaldehyde juga eliminasi logam berat seperti merkuri dan arsenic dari tanah

Ficus Alil
baik untuk kantor atau rumah yang kurang udara bersih
Snake Plant dapat membersihkan sejenis zat kimia yang jika uapnya terhirup akan menyebabkan sakit kepala, pusing, mual dan juga membersihkan ammonia.

Draceena
tanaman ini efektif untuk ruang tamu yang baru diberi karpet baru atau ruang dengan perabot baru yang memiliki kadar formaldehyde nya tinggi.

spider plant
diruang yang banyak spider plant jumlah karbonmonoksida dan nitrogen dioksida turun hampir mendekati nol dalam 24 jam.

Date Palm
tanaman ini dapat mengurangi kadar volatile organic compound - VOC (gas yang dikeluarkan cat, bahan bangunan pestisida, printer, mesin fotocopy yang bisa menyebabkan kerusakan liver, ginjal sistem saraf pusat) yang mengapung di udara.

Chrysanthemum
Membersihkan VOC dan Benzene yang dikenal dapat menyebabkan kanker.

English Ivy
Solusi untuk alergi,membersihkan jamur di dalam udara. Orang-orang dengan alergi, asma atau hanya ingin menghirup udara bersih bisa memanfaatkan tanaman ini.

Rubber plant
Memberikan kelembaban , eliminasi bioeffluents. Menghilangkan volatile organic compound serta menekan pertumbuhan mikro-organisme di dalam udara.

Hearth leaf philodendron
Riset NASA menunjukan tanaman ini adalah salah satu tanaman hias terbaik untuk eliminasi formaldehyde dari udara.

Gerbera daisy
Membersihkan Benzene, trichlorroethylene dari udara.

Dikutip dari Tabloid Aura, 2010

Artikel lainya :
-Agar blog lebih teroptimasi search engine
-Belajar mencari keyword itu penting
-Contoh iklan banner Buzzcity
-Fungsi backlink dan manfaatnya untuk blog
-Hitungan histats berbeda
-Keuntungan tombol google plus
-Keuntungan pasang iklan di internet
-Mengoptimalkan seo wapsite
-Pentingnya penerapan keyword judul postingan blog
-Prospek bisnis perikanan konsumsi
-Situs download hp paling lengkap

3 komentar:

  1. penggunaan energy recovery ventilator (ERV) dapat menjadi alternatif dari tanaman dalam ruangan agar udara dalam ruang tetap sehat dan bersih, serta meringankan kerja AC anda.

    http://www.cleanairindonesia.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Siiiiipppp dahh,, bisa nambain ilmu,,

    BalasHapus

situs 3gp

Blog list