Kamis, 04 Oktober 2012

Bisnis bunga potong Sedap Malam cukup menjanjikan

Budidaya Bunga Sedap Malam (http://bp2kpkabserang.wordpress.com)
Salah satu peluang bisnis yang cukup menarik adalah budidaya bunga hias. Bunga hias potong merupakan salah satu komoditi yang banyak juga menyerap pasar, dimana bunga-bunga ini dapat dijadikan hiasan untuk acara-acara yang sifatnya formal misalnya untuk pernikahan, rapat kantor dan sarana  media pendukung pesta sehingga acara tersebut bisa mendapat nilai tambah. Salah satu bunga hias yang bisa dijadikan ladang usaha adalah Bunga sedap malam dimana kita bisa membudidayakannya dengan memanfaatkan halaman dan lahan kosong yang kita miliki, jika kita tidak punya lahan bisa dengan menyewa lahan orang lain.


Berikut adalah kutipan artikel berrmanfaat dari koleksi majalah Flona yang mana menceritakan kisah sukses seorang petani yang sudah berhasil membudidayakan bunga sedap malam dengan meraup keuntungan per minggu sekali.

Bunga sedap malam biasa digunakan sebagai bunga potong dalam rangkaian bunga, Sedap malam juga kerap dipakai untuk acara pernikahan, ulang tahun, atau wewangian untuk persembahyangan. Artinya kebutuhan pasar akan bunga ini relatif tinggi.

Adalah Ucup salah satu petani bunga sedap malam di Selabintana, Sukabumi Jawa Barat sudah menangkap peluang ini sejak tahun 80an. Menurut Ucup bertani sedap malam relatif mudah dan modal tidak begitu besar, dan penanamannya pun tidak membutuhkan instalasi yang ruwet. Untuk menanamnya cukup dengan membuat bedengan lebar satu meter dan panjang disesuaikan dengan lahan lalu bibit bisa langsung tanam.

Tujuh bulan kemudian sejak penanaman pertama sedap malam biasanya sudah mulai berbunga, setelah itu bunga bisa dipanen setiap seminggu sekali. Tanaman akan terus berproduksi hingga sekitar dua tahun dan jika lebih dari itu bunga yang dihasilkan akan mengurangi kualitas yaitu kuntum mengecil dan tangkai membengkok. Ucup juga menyarankan jika hendak menanam bunga sedap malam sebaiknya dilakukan pada musim hujan karena pertumbuhannya lebih cepat dan menghemat penyiraman, dan jika memang dilakukan pada musim kemarau pun tidak mengapa namun disarankan untuk melakukan penyiraman setiap seminggu sekali.

Untuk budidaya sedap malam Ucup memakai lahan seluas 14.000 meter persegi yang terletak di tempat terpisah, dengan lahan tersebut ia dapat memanen sekitar 6500 batang perminggu. Hasil sebanyak itu bisa langsung terjual di tempat panen atau menjualnya di sekitar Jakarta dan Bandung. Ucup juga rutin membawa hasil panennya di kawasan Telug Gong, Jakarta Utara dimana melayani konsumen yang membutuhkan bunga sedap malam untuk keperluan persembahyangan.

Setidaknya menanam bunga potong ini cukup menjanjikan bagi siapa saja yang tertarik membudidayakannya, dari kisah sukses Ucup dengan hasil panen 6500 batang perminggu jika harga berkisar Rp. 500 perbatang maka hasil yang ia dapat sekitar Rp. 3 juta perminggu.

 
Artikel lainya tentang peluang bisnis :
-Peluang bisnis tas kw impor
-Peluang bisnis bagus dari budidaya belut
-Prospek bisnis perikanan konsumsi 
-Peluang bisnis usaha spa
-Untung dari bisnis sewa mobil bak  
-Usaha penghasil uang harian
-Tentang bisnis investasi justbeenpaid.com

4 komentar:

  1. Iya kang Rudy, terima kasih kunjungan baliknya..

    BalasHapus
  2. Can I simply say what a comfort to uncover someone that actually knows what they are
    discussing online. You certainly know how to bring an issue
    to light and make it important. More people really need to read this and
    understand this side of your story. It's surprising you aren't more popular because you definitely
    have the gift.
    My weblog ... florist jakarta

    BalasHapus
  3. cari link peluang bisnis dan analisa usaha disini

    BalasHapus

situs 3gp

Blog list