Youtube Short

Batu Permata Asli

Batu Permata Asli
marketing Nana Permata : iklancage@gmail.com

Kamis, 11 Oktober 2012

Breeding Arwana Super red di Cibubur

Foto anakan ikan arwana super red


Bagi rekan-rekan yang tertarik untuk mengetahui info seputar penangkaran ikan arwana mungkin rangkuman artikel majalah Flona ini dapat membantu.

Ikan arwana dapat ditangkarkan diluar habitat aslinya di Kalimantan barat, yaitu di kawasan Cibubur.

Pemilik farm adalah Toni Prananto yang sudah berhasil melakukan penangkaran arwana sejak tahun 1995.

Bagi pecinta ikan hias nama besar Isaku Arawane pasti sudah mengetahuinya.

Isaku Arawane adalah perusahaan yang bergerak di bidang breeding farm dan eksportir ikan arwana.

Khususnya jenis Super red dengan orientasi penjualan ke berbagai mancanegara seperti China, Jepang, Taiwan, Singapura dan Malaysia.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang breeding farm, Isaku Arawane sampai saat ini menangkarkan ikan arwana yang dilakukan jauh dari habitat aslinya yaitu di kawasan Cibubur.

Perlu diketahui, bahwa ikan arwana termasuk sulit dalam hal pemijahan kecuali pada habitat aslinya di Kalimantan Barat, namun hal ini bisa dilakukan dengan sistem breeding secara tradisional dan alami.

Ketersediaan air yang melimpah di kawasan Cibubur menjadi salah satu alasan pemilihan lokasi terutama tingkat keasaman yang sesuai untuk menangkarkan arwana merah ini.

Dengan Ph air berkisar 6 -7 dapat memacu produktivitas ikan arwana . Akan tetapi ternak diluar habitat aslinya tidak bisa menyaingi tambak arwana di habitat aslinya.

Proses Breeding
Untuk melakukan proses breeding, Isaku Arawane memakai perbandingan induk jantan dan betina 3:1, dimana memakai induk jantan yang sudah berumur dewasa atau sekitar 4 tahunan yang  bisa produktif selama kisaran 5 sampai 10 tahun.

Berkah di musim hujan
Breeding arwana di cibubur akan lebih bagus produktivitasnya jika saat di musim hujan, karena akan lebih sering terlihat induk jantan dan betina berenang beriringan yang merupakan tanda-tanda akan kawin.

Dalam jangka waktu sebulan bakal terlihat indukan jantan selalu berenang tenang di permukaan air dengan rahang bagian bawah menggantung karena mulutnya berisi telur.

Kemudiaan akan dilakukan pemanenan anakan tiga minggu berikutnya ketika anakan arwana sudah menjadi bentuk ikan dan menggendong kuning telur.

#arwana
#pemijahan

 Artikel terkait

Kuningan Oktober 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan