Senin, 03 Desember 2012

Hitungan Visitor Histats berbeda

Bagi rekan-rekan blogger yang sudah memiliki blog dan sudah memiliki trafik kunjungan pastinya sudah mengetahui situs Histats. Histats adalah sebuah situs yang memiliki fungsi sebagai pencatat statistik blog seperti asal keyword, browser, sistem operasi, situs referensi bahkan negara asal sehingga kesemuanya itu dapat di ketahui oleh pemilik blog.

Menurut pengalaman pribadi setelah memasang widget Histats, yang selalu di pantau adalah berapa jumlah kunjungan visitor, pageview dan berapa jumlah keyword yang tercatat karena hal ini sangat menarik untuk mengetahui perkembangan blog dari waktu ke waktu.

Tentunya Histats selain memberikan rekaman statistik yang akurat juga membantu para blogger untuk belajar mencari ragam keyword, karena mempelajari keyword merupakan salah unsur paling penting dari sebuah blog dan media internet.


Hitungan Histats Berbeda ketika tampilan selular (mobile) di nonaktifkan
Pada kesempatan kali ini yang tak lain merupakan sebuah pengalaman pribadi khususnya bagi pengguna blogspot, yang juga sempat di buat bingung dengan hitungan histats terutama pada catatan keyword dan pageviewnya dimana berbeda dengan statistik yang ditampilkan oleh blogspot.

Bagi rekan yang sudah mengenal isi dan fungsi menu di blogspot pastinya tahu bahwa tampilan blogspot bisa dirubah ke dalam versi mobile, hal ini dimaksudkan agar tampilannya lebih menarik dan simpel ketika pengguna melihatnya dari handphone dan pada umumnya tampilan versi mobile yang paling banyak di gunakan saat ini karena proses loadingnya juga lebih cepat dibanding versi web. Dengan adanya fungsi menu tersebut para blogger bebas memilih tampilan blognya mau di tampilkan seperti apa dan disesuaikan dengan keinginan pemilik blog.

Ada sebuah pengalaman menarik dimana saya melakukan riset bagaimana caranya agar hitungan catatan histats sama dengan statistik di blogspot, setidaknya hampir mendekati. Kemudian saya mencoba sebuah cara yaitu merubah tampilan blog ke versi web yang sebelumnya dalam tampilan mobile (seluler). Lalu apa yang terjadi ? ternyata hasilnya adalah keyword yang masuk lebih banyak dibanding versi mobile dan rekaman visitor nya pun bertambah sampai beberapa puluh persen. Lalu ke esokan harinya saya kembalikan ke versi mobile, dan jumlah keyword dan visitor pun kembali berkurang.

Mengapa bisa seperti ini ? 
Setelah saya telusuri ternyata blog saya paling banyak dikunjungi oleh komputer dibanding handphone, hal ini saya lihat dari data statistik di histats maupun blogspot pemakaian sistem operasi windows bisa mencapai hingga 70 persen dan versi selular hanya belasan persen. Artinya pengunjung lebih banyak dari desktop.



Itulah pengalaman saya mempelajari hitungan data statistik blog di histats. Bagi rekan-rekan yang ingin mencobanya silakan saja, namun akan lebih baik jika melihat data sistem operasinya terlebih dulu. Sebagai contoh jika memang blognya kebetulan sudah memakai versi mobile dan pengunjung berasal dari handhpone lebih mendominasi maka sebaiknya cara ini tidak di pakai, namun jika blog versi mobile tersebut lebih banyak kunjungan dari komputer maka cara ini boleh di coba untuk sekedar tes.

Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan mohon maaf jika ada kesalahan dari tutur kata dan penulisan artikel.   

*artikel sudah mengalami perubahan dan di edit tanggal 4-12-2012



Artikel lainya :
-Agar blog lebih teroptimasi search engine
-Belajar mencari keyword itu penting
-Contoh iklan banner Buzzcity
-Fungsi backlink dan manfaatnya untuk blog
-Fungsi hosting
-Keajaiban sedekah dan kisahnya
-Keuntungan berbagi file di tusfile
-Keuntungan tombol google plus
-Keuntungan pasang iklan di internet
-Mengoptimalkan seo wapsite
-Pentingnya penerapan keyword judul postingan blog
-Prospek bisnis perikanan konsumsi
-Situs download hp paling lengkap 
-Situs wapsite yang bisa di monetasikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

situs 3gp

Blog list