Kamis, 31 Januari 2013

Tentang hasil penelusuran search engine

Setelah mengamati sekaligus mempelajari kinerja search engine, menurut pengalaman pribadi saya ternyata setiap jenis browser memberikan hasil penelusuran yang berbeda-beda, terutama untuk keyword yang sama. Seperti kita ketahui untuk saat ini setiap orang mencari info di internet pasti menggunakan perangkat komputer atau handphone, dan dari perangkat tersebut jenis browser dan sistem operasi yang digunakan pun sangat beragam seperti memakai produk dari Opera, firefox dan internet explorer dan masih banyak lainnya yang tidak saya sebutkan satu persatu. Bahkan sistem search engine cukup bijak untuk menampilkan hasil pencariannya berdasarkan ketentuan masing-masing sistem yang digunakan.
Sebagai contoh sederhana dengan memakai komputer yang sama saya coba untuk membandingkan hasil penelusuran tersebut menggunakan keyword yang sama dengan browser yang berbeda yaitu firefox dan opera, kata kuncinya adalah "free 3gp". Sebagai percobaan semua data login akun dimatikan semua atau dalam keadaan sudah keluar sehingga akan lebih murni hasil penelusurannya, Maka hasil yang di dapat adalah :

Pada browser Firefox
Untuk kata kunci free 3gp posisi situs yang saya targetkan (videofboy) berada di halaman satu dan pada urutan satu

sedangkan..

Pada browser opera
Untuk kata kunci free 3gp posisi situs yang ditargetkan berada di posisi yang sangat jauh, bahkan sudah melewati halaman 1, 2 dan 3  



Dengan demikian hasil pencarian dan penelusuran search engine memang berbeda pada keyword yang sama bahkan kemungkinan besar dapat juga di pengaruhi oleh :
-Jenis search engine (Google, bing dan Yahoo) 
-asal negara search engine (com, co.id,co.uk dan lainnya)
-browser hp (opera mini, ucweb, nokia browser dan lainnya)
-browser web/komputer (opera, internet explorer dan lainnya)
-Sistem operasi (windows, linux, macintosh dan lainnya)


Itulah beberapa hasil riset tentang hasil dan analisa penelusuran di search engine memakai salah satu situs saya yang bertemakan video download untuk dijadikan percobaan, kebetulan situs tersebut sudah memiliki keyword yang lumayan bagus, sehingga cocok untuk dijadikan riset keyword. Semoga artikel ini dapat memberikan pencerahan dan bermanfaat, terutama bagi rekan-rekan yang memiliki situs di internet diharapkan terus termotivasi untuk membuat konten, karena walau bagaimanapun setiap keyword belum tentu di dominasi oleh situs-situs tertentu. Apabila ada kata-kata yang tidak berkenan mohon dimaafkan :).

Artikel terkait :
-Belajar mencari keyword blog itu penting
-Hitungan visitor histast berbeda
-Mengoptimalkan seo wapsite di search engine
-Merangkai keyword untuk judul posting

1 komentar:

situs 3gp

Blog list