Youtube Short

Batu Permata Asli

Batu Permata Asli
marketing Nana Permata : iklancage@gmail.com

Rabu, 20 November 2013

Review buku : beternak cacing sutera cara modern



Pada kesempatan kali ini saya akan mereview sebuah buku yang mengulas tentang budidaya cacing sutra, yang mana cacing yang gemar bergerombol ini merupakan salah satu pakan hidup favorit untuk makanan ikan.

Terutama sekali adalah bagi kelangsungan hidup larva ikan yang sudah habis persediaan makanan cadangan dalam tubuhnya (yolk sack).

Sudah pada umumnya kini para petani ikan hias dan konsumsi tak segan memberikan pakan cacing sutra untuk larva ikannya karena benih ikan yang berukuran kecil ini sangat lahap dan nafsu makan alaminya terlihat agresif jika di beri cacing sutra apalagi kandungan gizi dan nutrisinya sangat baik untuk pertumbuhan ikan.

Cacing berwarna merah darah berukuran kecil ini biasanya hidup di lahan perairan yang mengalir dan tumbuh dengan subur di media berlumpur..seperti di sungai bahkan di selokan air lingkungan perumahan (got).

Terlintas jika kita melihat akan terasa menjijikan. Namun siapa sangka cacing ini bisa menjadi ladang pemasukan keuangan yang lumayan, terutama bagi orang-orang yang ingin membudidayakannya.

Menurut penulis buku "Beternak Cacing Sutra cara Modern" Mahmud Efendi dalam pembudidayaannya bisa dilakukan dengan total luas lahan yang beragam asalkan media berhubungan erat dengan air mengalir serta substrat yang penuh unsur zat hara.

Untuk saat ini tempat budidaya bisa menggunakan kolam beton, Kolam terpal, Kolam tanah dan teknik terbaru adalah menggunakan tray (wadah) plastik dimana tray plastik ini ditaruh pada rak bertingkat yang dilengkapi oleh pompa air listrik dan saluran pipa untuk sirkulasi air.

Khusus untuk teknik terbaru ini penulis menjelaskan bahwa sistem tersebut lebih efisien tempat. Bahkan dengan lahan 15 meter persegi diperkiran akan menghasilkan produksi cacing sekitar 4.5 liter perhari.

Jika saja ditahun 2013 harga perliternya mencapai 15-20 ribu (harga fluktuatif tergantung musim) maka kalikan saja jumlah pendapatan yang dapat kita peroleh.

Bisa dikatakan budidaya cacing sutra memiliki prospek yang cerah kedepannya. Mengapa demikian ? Karena permintaannya seakan tidak pernah habis selagi pembudidaya perikanan masih ada.
Bagi rekan-rekan yang tertarik bisa membeli bukunya di toko buku Gramedia. Buku tersebut menjelaskan secara detil cara-cara budidaya dan manajemennya.

Usaha Budidaya cacing sutra ini bisa dilakukan di luar ruangan yant terpakai di rumah. 

Selamat mencoba budidaya.


Artikel terkait

24 komentar:

  1. Terima kasih telah bersedia mereview Buku Saya...semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. @Mahmud Efendi: iya kang Mahmud sama-sama...bukunya sangat bermanfaat sekali dan penjelasannya detail sehingga mudah dipahami siapa saja yang baca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin....semoga bermanfaat ya gan...posisi dimana ????
      Salam sukses selalu ya...

      Hapus
  3. Iya kang Mahmud terima kasih. Posisi ada di sekitar Halimpu-Kuningan daerah Cirebon Jawa Barat, sekarang lagi coba ternak cacing sutra sistem rak dan tray kendalanya ada di bibitnya juga :D. Sampai sekarang pesan belum di kirim he he he, berarti permintaannya tinggi kang, karena sekitar kuningan banyak usaha pembenihan ikan konsumsi. Amiiin semoga sukses untuk Kang Mahmud...

    BalasHapus
  4. Menanggapi Antusiasme Masyarakat Khususnya Para Peminat Budidaya Cacing Sutera Cara Modern ala Bapak AGus Tiyoso Temanggung yang Begitu Besar, Maka mulai Kedepannya silahkan menghubungi CALL CENTERs "Manajemen JOGLO CACING" (di No HP :082227129909) sebagai PUSAT INFORMASI SEPUTAR BUDIDAYA CACING SUTERA yang ada di Semarang. Termasuk untuk Pemesanan Sarana dan Prasarana Budidaya, Kunjungan ke lokasi, Seminar/Pelatihan dan lain-lain. Semua ini dimaksudkan agar Pelayanan dimulai dari satu pintu untuk kebaikan bersama.
    MARI kita BEKERJA BERSAMA-SAMA, dan sama-sama bekerja. Sekian Harap maklum.

    BalasHapus
  5. Terima kasih banyak kang infonya...

    BalasHapus
  6. Wah mantap, sukses selalu usaha tournya mbak :D

    BalasHapus
  7. wah ternyata cacing sutra bagus juga ya peluang bisnisnya

    BalasHapus
  8. harga bukunya berapaan yah? informasi di buku lengkap kan yah? sya pernah nyoba sekali.. medianya pake semacam nampan plastik gtu.. sehari dua hari msh idup. tp keesokannya cacing malah mati.. sya msh penasaran.. hehehe

    BalasHapus
  9. Harga bukunya lupa kang, kayaknya sekitar 30 ribuan. Penjelasan dalam buku lengkap dari pembuatan media dan pupuknya di uraikan semua. Iya kayaknya cacing sutra cocoknya di air mengalir kang Zito he he he..

    BalasHapus
  10. Bukunya tersedia Di gramedia mas ??

    BalasHapus
  11. Saya rasa masih ada mas erfan di Gramedia :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masukkan balasan Anda...kang deny msh punya stok casut g

      Hapus
  12. Masukkan komentar Anda...cirebon daerah mana yg ada penjualn casut ?

    BalasHapus
  13. stocknya selalu habis kang Hamid..belum banyak yang budidaya di daerah cirebon dan kuningan. Rata-rata masih ambil dari alam..mungkin masih belum paham cara membuat medianya. Penjualan cacing sutra ada di daerah Cirea Mandirancan, itu juga masih skala kecil.. penjualnya menampung di sejumlah bak masih mengandalkan dari alam kang..

    BalasHapus
  14. @ade sutrisna : iya kang ade peluang budidayanya bagus sekali, terutama didaerah peternakan ikan konsumsi atau hias

    BalasHapus
  15. kang deni punten info casut d daerah mandirancan..klo ada minta no hp nya..tmks..

    BalasHapus
  16. Terimakasih telah menambah wawasan saya kang, banyak banget ilmu yang saya pelajari. Semoga sukses ya kang. hehe

    BalasHapus
  17. Kalau mau ternak gimana caranya kang, pakai media apa yang tepat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai media yang paling baik tetap lumpur yang halus dan kalau bisa lumpur di saring. Kemudian kalau mau subur pakai kotoran ayam atau puyuh paling bagus kang

      Hapus

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan