Selasa, 19 November 2024

Pengalaman rem CBR 250RR kurang pakem karena shock depan bocor

Motor sport seperti Honda CBR 250RR dikenal dengan performa mesin yang responsif dan kemampuan manuver yang lincah. Namun, berkendara dengan motor bertenaga besar ini pada sistem pengereman menjadi komponen yang sangat krusial. Kenapa? Karena rem adalah satu-satunya alat yang dapat menghentikan laju motor dengan cepat dan aman dalam berbagai kondisi jalan.

Bagi pengendara motor Honda CBR 250RR yang mengeluhkan sistem pengereman yang kurang pakem hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor antara lain kampas rem habis atau aus, kampas rem yang sudah habis atau aus akan mengurangi daya cengkram terhadap cakram sehingga rem menjadi kurang efektif. Maka memeriksa kondisi sistem pengereman secara berkala perlu dilakukan pada motor sport berperforma tinggi ini karena sangat penting untuk menjaga komponen rem seperti kaliper, master rem atau selang rem.

Menurut montir mekanik berpengalaman selain daripada diatas juga bisa disebabkan dari oli dari shock depan yang bocor baik sebelah kanan atau kiri dan akan terlihat oli agak kecoklatan yang merembes halus atau bercak minyak di sekitar tabung shock depan, sehingga rembesan oli akan terkena sistem pengereman seperti kampas rem dan disk rem, yang mana pengaruh dari oli shock depan bocor terhadap sistem pengereman. Maka oli shock depan yang bocor memang bisa menjadi salah satu penyebab rem motor menjadi kurang pakem.

Oli shock depan yang berbahan dasar minyak akan sangat licin jika mengenai komponen rem seperti kampas rem dan cakram. Oli yang menempel pada permukaan kampas rem dan cakram akan mengurangi daya cengkram antara keduanya. Akibatnya, pengereman menjadi kurang efektif dan kadang akan mengeluarkan bunyi kurang nyaman seperti "nguuk" saat melakukan pengereman terutama pada bagian depan motor.

Sementara selain rem yang kurang pakem teresebut akibat dari oli shock depan yang berkurang akan mengurangi kemampuan suspensi dalam meredam guncangan, sehingga motor akan terasa tidak stabil karena pelumasan yang kurang cukup. Shock depan yang bocor memang seringkali luput dari perhatian, namun dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap kinerja rem. Oleh karena itu, penting untuk selalu memperhatikan kondisi shock depan dan melakukan perawatan secara berkala. Jika ditemukan kebocoran pada shock depan segera ganti seal shock depan yang rusak jika bisa beli 2 pasang kanan dan kiri yang berjumlah 4 seal dan dipasang pada bengkel terpercaya yang bisa memperbaiki kondisi CBR 250 RR.

Artikel ini adalah pengalaman admin sendiri yang mengalami rem motor yang kurang pakem. Kini motor sudah diperbaiki oleh bengkel motor yang ditangani oleh mekanik di salah satu bengkel motor di daerah Kuningan dan motor sudah normal kembali sistem pengeremannya.

Semoga infonya bermanfaat




Kuningan November 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan