Senin, 18 Maret 2024

Fakta tentang ikan Sturgeon

Artikel kali ini adalah beberapa Fakta menarik tentang Ikan Sturgeon yang merupakan ikan air tawar dan dianggap sebagai fosil Hidup yang sampai saat ini masih ada keberadaannya.

Menurut info bahwa ikan sturgeon sudah ada keberadaannya sejak zaman prasejarah dan terdapat 26 jenis, serta menyimpan banyak fakta menarik yang jarang diketahui. 

Berikut beberapa diantaranya yang bisa admin tulis berdasarkan dari kumpulan info situs web dan video di internet.

1. Umur panjang yang luar biasa, ikan Sturgeon terkenal dengan umurnya yang panjang. Seperti jenis sturgeon Beluga dapat hidup hingga 100 tahun. Rahasia umur panjang ikan ini terletak pada metabolisme mereka yang lambat dan kemampuan regenerasi sel yang luar biasa.

2. Bisa berukuran raksasa, ikan yang termasuk dalam kategori ikan air tawar terbesar di dunia. Dengan ukuran raksasa ini memungkinkan sturgeon untuk mendominasi habitatnya dan menjadi predator puncak. Pada tahun 1827 tercatat dalam sejarah bahwa ikan sturgeon betina tertangkap dengan bobot 1571 kilogram di Delta volga Rusia.

3. Tubuh sturgeon dilapisi dengan sisik tulang yang disebut "scutes". Keunikan sisik sturgeon menjadikannya sasaran perburuan liar untuk diambil dan diolah menjadi produk mewah seperti dompet dan perhiasan.

4. Banyak jenis sturgeon menghabiskan sebagian besar hidupnya di laut.

5. Telur dari salah satu jenis ikan sturgeon dikenal sebagai kaviar merupakan salah satu makanan paling mahal di dunia. Harganya bisa mencapai puluhan sampai ratusan juta rupiah per kilogram. Permintaan kaviar yang tinggi telah mendorong eksploitasi sturgeon secara berlebihan. Ada sebuah peternakan di Korea untuk diambil telurnya, ikan yang diambil adalah ikan yang sudah berumur belasan tahun yang sudah terdapat telur berwarna kehitaman sejak di besarkan dalam kolam-kolam yang pengolahan airnya sangat steril menggunakan water treatment terbaik. 

6. Seperti diberitakan oleh situs Vice.com merek telur kaviar yang sudah dikemas  kalengan 50 gram adalah Caviar House of Bangkok.

7. Ikan sturgeon sudah bisa dibudidayakan dengan bantuan manusia yaitu membuahi telur-telur dengan sperma ikan jantan hingga telur menetas mengeluarkan anakan ikan sturgeon. Menurut admin hampir sama dengan kawin suntik ikan yang sudah dikenal teknik ini oleh pembudidaya ikan secara modern.

Semoga infonya bermanfaat.


Kuningan Maret 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan