Selasa, 06 Agustus 2024

Farm ikan maskoki dari Tulungagung

Review video youtube kali ini adalah saat Koh Renza berkunjung ke daerah Tulungagung untuk melihat farm ikan maskoki dalam video yang di upload oleh channel youtube Quality Goldfish pada tanggal 31 Juli 2024 dengan judul BORONG 2 MUD POND RANHU THE BEST DI INDONESIA??? QUALITY GOLDFISH BELI RANCHU THE BEST DARI MANA???.


Tulungagung di Jawa Timur, Indonesia, menyimpan rahasia di balik keindahan ikan maskoki yang sudah mendunia. Di balik setiap ekor ikan maskoki dengan warna-warni cerah dan bentuk tubuh unik, terdapat tangan-tangan terampil para breeder yang telah mengabdikan diri pada dunia aquakultur.

Tulungagung memang telah dikenal sebagai salah satu sentra peternakan ikan maskoki di Indonesia, bahkan kualitasnya sudah diakui oleh para penghobies ikan maskoki dan ada beberapa faktor yang membuat budidaya ikan maskoki di Tulungagung begitu diminati.

Menurut info yang admin ketahui bahwa para peternak di Tulungagung memiliki pengalaman turun-temurun dalam membudidayakan ikan maskoki. Mereka telah menguasai teknik-teknik khusus untuk menghasilkan ikan berkualitas tinggi. Berbagai jenis ikan maskoki dengan bentuk dan warna yang unik, hal ini membuat ikan maskoki dari Tulungagung sangat diminati oleh kolektor termasuk Koh Renza dari Quality Goldfish.

Salah satu ciri khas budidaya ikan maskoki di Tulungagung adalah penggunaan kolam pemeliharaan berukuran besar. Kolam-kolam ini bukan sekadar tempat untuk memelihara ikan tetapi sepertinya  dirancang khusus untuk menunjang pertumbuhan ikan maskoki agar bisa tumbuh besar. Dengan luas yang cukup memadai ikan-ikan memiliki ruang gerak yang lebih bebas dan dapat tumbuh secara optimal.

Menurut koh Renza bahwa farm yang memiliki beberapa kolam berukuran luas yang ia kunjungi adalah salah satu farm ikan maskoki dari jenis ranchu terbaik di Indonesia dan bisa menghasilkan ikan ranchu mencapai ukuran 26 cm.

Terlihat dalam vlog video saat melakukan panen akan menggunakan jaring dengan ukuran dan bahan yang sesuai dan proses penangkapan secara manual ini membutuhkan ketelitian dan kecepatan agar ikan tidak mengalami stres.

Ikan-ikan yang sudah terjaring akan dimasukan dalam wadah plastik terapung untuk memudahkan pembeli memilih ikan maskoki dan akan di kemas dengan plastik besar yang diisi air berikut oksigen yang berisi sekitar 20 ekor kategori show quality. Saat melakukan sortir ikan tidak perlu lama-lama karena dikhawatirkan lendir pada tubuh ikan akan habis yang tentunya akan ada dampak kurang baik pada ikan, maka pada saat melakukan sortir diperlukan kecepatan dan kejelian lalu ikan akan langsung dimasukan kedalam kolam kembali.

Ikan maskoki ranchu grade A dari farm Maya Rizka rencananya akan di coba ekspor ke Australia, Philipina dan Taiwan oleh Koh Renza dan akan dilakukan Grooming agar ikan tersebut lebih optimal.

Semoga infonya bermanfaat.


Kuningan Agustus 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan