Senin, 12 Agustus 2024

review mesin pembuat pakan pelet terapung

Artikel review video youtube kali ini adalah tentang pembuatan pakan pelet terapung yang mana ini adalah jenis pakan ikan yang dirancang untuk mengapung di permukaan air. Jenis pakan ini memiliki banyak manfaat seperti memudahkan ikan untuk menemukan dan memakan pakan juga tentunya mudah dikontrol oleh pembudidaya perikanan. Video ini diupload di Youtube oleh channel MTTECH INDONESIA pada tanggal  25 Mei 2023 dengan judul Cara Bikin Pakan Ikan Terapung || Cetak Pelet Extruder || UD Mesin Tani.


Pakan pelet terapung merupakan salah satu jenis pakan yang populer digunakan dalam budidaya ikan. Desainnya yang mengapung di permukaan air memberikan sejumlah keuntungan bagi para pembudidaya terutama bagi usaha pembesaran ikan konsumsi. pakan pelet terapung ini juga sangat efisien karena mudah dalam pengamatan pada jumlah pakan yang diberikan pada ikan sehingga dapat dengan mudah dipantau dan disesuaikan sehingga meminimalkan pemborosan pemberian pakan.

Dalam videonya seorang youtuber yang berpengalaman dalam membuat pakan pelet ikan akan segera membagikan tutorial lengkap tentang cara membuat pakan ikan pelet terapung sendiri memakai bahan-bahan yang bisa didapat dengan langkah-langkah yang jelas menggunakan mesin pencetak pelet.

menurutnya bahan baku dan komposisi adalah seperti tepung ikan 1,5 kg, tepung jagung 7 ons, Dedak atau tepung bekatul 1 kg dan tepung kanji tapioka 4 ons. Bahan-bahan berbentuk tepung tersebut akan di satukan atau dicampur hingga merata dan akan dicetak untuk menjadi pelet terapung. Menurutnya bahwa bahan yang lembut akan semakin bagus hasilnya saat diproses menjadi pelet. Selanjutnya bahan akan dicampur merata dicampur air sebanyak 10 persen dari jumah bobot bahan baku pakan yang akan dipraktekan langsung menggunakan mesin pembuat pelet berkapasitas besar. 

Terlihat dalam video bahan tersebut dimasukan  dalam corong mesin pelet satu persatu dari masing-masing bahan pada bagian mix percampuran bahan baku agar tercampur merata. Mesin pembuat pelet ini tidak seperti pada umumnya yang mana semua bahan baku dimasukan satu persatu bahan dan bukan dimasukan saat sudah tercampur merata karena ada wadah mix tersendiri seperti alat molen. Selagi bahan baku sedang di mix air dimasukan dikit demi sedikit agar pas komposisinya.

Setelah tercampur dengan air dan benar-benar sudah pas, selanjutnya bahan baku tadi dikeluarkan melalui corong pada bagian bawah yang akan membawa ke bagian proses penggilingan pembuat pelet. Hasilnya bahan-bahan tepung tadi sudah menjadi berbentuk pelet dengan ukuran berbentuk agak bulat berwarna kecoklatan dengan merata. Pelet yang sudah jadi langsung di tes dalam air dan terlihat mengapung pada permukaan air. 

Proses pembuatan pelet terapung dari bahan yang disebutkan diatas beserta komposisinya menggunakan mesin pelet rakitan ini terbilang cepat karena menurut pengamatan admin pelet tersebut terlihat sudah kering dan pada saat keluar dari tempat keluarnya pelet terlihat seperti berasap yang menandakan ada proses panas didalam mesin.

Perlu diketahui juga berdasarkan dari vlog video yang admin lihat bahwa mesin pembuat pelet terapung ini terdiri dua penggerak yaitu penggerak mesin menggunakan bahan bakar dan sebuah dinamo, yang mana untuk mengerakan wadah mixer atau percampuran bahan baku dan bagian penggerak untuk membuat dan pencetak pelet.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan Agustus 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan