Kamis, 01 Agustus 2024

Ikan Red Atabapo

Pernah dengar ikan Red Atabapo? Ikan dengan warna merah menyala yang bikin aquarium jadi pusat perhatian tampilannya yang memukau dan sifatnya yang agresif, membuatnya cocok buat para penghobies ikan yang suka tantangan memelihara ikan predator dengan warna yang eksotis


Red Atabapo atau dalam bahasa ilmiahnya Crenicichla sp adalah jenis ikan predator yang berasal dari sungai Atabapo di Amerika Selatan. Ikan ini terkenal dengan warna merahnya yang mencolok, terutama pada sirip dan bagian bawah tubuhnya selain itu ikan ini juga punya tubuh yang terlihat agak panjang dan ramping, serta mulut yang besar dengan gigi tajam.

Diperdagangan ikan hias dengan ukuran 25 sampai 30 cm bisa dihargai sekitar 1.8 juta perekornya. Ikan jenis pike siklid Atabapo Merah ini merupakan salah satu jenis Crenicichla yang lumayan agresif. Saat ikan dengan julukan tombak ini berukuran lebih kecil sekitar 4 hingga 5 inci, tubuhnya berwarna kuning muda, dan saat dewasa warnanya berubah menjadi merah terang dengan satu titik hitam di ekornya.

Ikan tombak api betina bisa berubah menjadi merah mencolok saat mereka lebih besar dan ikan jantan tidak begitu bagus hal ini berdasarkan pengalaman salah seoerang penghobies di situs monsterfishkeepers.com saat
melakukan riset dan menemukan bahwa ikan tombak tertentu benar-benar berubah menjadi sangat merah saat bertumbuh besar. 

Menurut info dari situs lonestarrareexoticfish.com dalam pemeliharaan di aquarium sangat direkomendasikan untuk satu ekor ikan, sedangkan pada tangki yang lebih besar diperlukan untuk kelompok atau berpasangan dan akan lebih ideal menyerupai lingkungan air hitam alaminya yaitu air lunak dan asam dengan pencahayaan redup dengan banyak tempat persembunyian menggunakan kayu apung atau tanaman. 

Sebagai ikan kategori ikan predator, red atabapo memiliki perilaku berburu yang sangat menarik untuk diamati, gerakannya yang cepat dan lincah saat mengejar mangsa membuat proses makannya menjadi tontonan yang menghibur.

Memilih teman di aquarium yang tepat untuk ikan ini bisa menjadi tantangan tersendiri, dan salah satu pilihan para penghobies yang cukup populer adalah L097 kaktus pleco polkadot. Kombinasi tankmate ini cuku menarik yang mana ikan Red atabapo adalah predator aktif yang senang berburu, sedangkan ikan jenis pleco tersebut lebih suka bersembunyi di balik tanaman atau dekorasi dan mencari sisa makanan, maka perbedaan perilaku ini meminimalisir konflik antar kedua jenis ikan yang berbeda karakter.

Merawat ikan red atabapo bukanlah hal yang mudah yang mana ikan ini membutuhkan perawatan khusus, seperti kualitas air yang terjaga dan suhu yang stabil tantangan inilah yang membuat memelihara red atabapo menjadi sebuah prestasi tersendiri bagi para penghobies ikan predator.

Semoga infonya bermanfaat.



kuningan Agustus 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan