Youtube Short

Batu Permata Asli

Batu Permata Asli
marketing Nana Permata : iklancage@gmail.com

Selasa, 05 Juni 2012

Prospek Bisnis Perikanan Konsumsi

Artikel kali ini adalah tentang peluang bisnis dari budidaya ikan air tawar konsumsi yang dapat dijadikan usaha agribisnis yang menguntungkan.

Sudah sejak lama bisnis perikanan eksis di Indonesia yang semakin hari kian berkembang sampai saat ini.

Sektor usaha perikanan memang layak untuk diusahakan karena permintaaan pasar yang tinggi apa lagi mengkonsumi daging ikan bagus sekali dampaknya bagi tubuh manusia karena memiliki gizi yang tinggi.

Dari info-info yang saya dapat masih banyak daerah-daerah yang kekurangan pasokan ikan.

Bahkan balai benih terpercaya pun masih kewalahan dalam memenuhi permintaan para petani yang begitu tinggi untuk keperluan usaha pembesaran yang dilakukan dari benih ikan.

Peluang bisnis dari sektor perikanan konsumsi masih terbuka lebar bagi siapa saja yang tertarik membudidayakannya.

ikan nila, benih nila, nirah
Pembesaran benih ikan Nila

Namun dalam melakukan bisnis perikananan tentunya ada kendala dan resiko yang harus di hadapi.

Walaupun dari segi bisnis bisa menguntungkan karena pembudidayaan membutuhkan proses dalam jangka waktu hingga hitungan bulan.

Tentunya sebagai pebisnis harus berusaha untuk mencari solusi bagaimana caranya menghindari kesalahan kecil yang sekiranya bisa berdampak besar untuk menekan biaya dan kerugian.

Sekarang sudah banyak info-info tentang budidaya ikan konsumsi seperti buku yang banyak dijual atau mencari di blog-blog pakar perikanan yang sering membahas tips-tips pembudidayaannya.

Kita bisa membaca dan menerapkan ilmunya secara bertahap agar paham masalah teknis budidaya yang akan dihadapi.

Saran saya akan lebih baik lagi jika langsung belajar dengan para pakar di tiap daerah yang sudah berhasil di bidang perikanan.

Misalnya mendatangi pusat balai benih ikan yang lebih dikenal sebagai pencetak ikan-ikan berkualitas tinggi dari hasil riset yang dilakukan.

Kita bisa meminta penyuluhan terbaik oleh mereka seperti dalam memilih bibit dan mengecek kualitas air yang cocok untuk pembudidayaan.

Dengan bibit yang bagus (unggul) serta kualitas air yang pas potensi keberhasilan pembudidayaan akan membuahkan hasil yang baik.

Jangan sampai mengusahakan dalam skala bisnis namun kedua hal tersebut tidak diperhatikan kemungkinan besar kerugian yang akan didapat.

Menurut info yang saya dapat dalam budidaya perikanan ada 2 jenis usaha yang dapat dilakukan yaitu pelaku usaha pembenihan dan pembesaran.

Keduanya saling keterkaitan satu sama lain dan saling mendukung nantinya.

Dengan demikian prospek bisnis perikanan untuk konsumsi memang sangat bagus dan layak untuk diusahakan mengingat kebutuhan masyarakat yang gemar daging ikan sangat besar sampai sekarang.

Sumber gambar : http://ikan-nila.pepperonity.com

3 komentar:

  1. @Antok Farm : bener sekali kang karena itu peluangnya bagus sekali sampai sekarang, karena semakin besar semakin tinggi harganya. Tentunya agar berhasil kita harus tahu teknik pemberian pakan dan penanggulangan penyakitnya

    BalasHapus
  2. Pusat penyediaan benih ikan air tawar. khusus melayani pengiriman luar pulau jawa..,hub fajar di 085643494797 pin bb 294E3A24 klik udminarejeki.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga maju terus usaha perikannannya aamiin..

      Hapus

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan