Selasa, 30 Juli 2019

Tentang Lobster air tawar Konsumsi


Lobster air tawar merupakan kategori ikan konsumsi yang banyak peminatnya berjenis udang berbadan besar. Sekitar tahun 2004 lalu lobster ini sempat diperjual belikan di sekitar Jakarta dalam promosinya bisa dijadikan udang hias dan konsumsi.

Salah satu yang menjadi unggulan untuk di konsumsi adalah lobster Red Claw. Red Claw memiliki keunggunlan dalam hal cita rasa saat dijadikan sebagai hidangan di Restoran khususnya yang menyajikan menu seafood. Walaupun berasal air tawar lobster ini masuk dalam kategori makanan laut dan sampai sekarang permintaan daging lobster air tawar masih menjadi makanan pilihan di beberapa hotel.

Pembudidaya Lobster air tawar senior di Indonesia Cuncun Setiawan hingga saat ini sukses mengirim pasokan Lobster air tawar ke beberapa Restoran seafood ternama seperti Cut The Crab. Cuncun sendiri pernah diliput di media tv perihal kesuksesannya dalam menjalankan usaha lobster tawar di Indonesia dengan slogannya yang dikenal Salam Capit.

Saya sendiri pernah membeli beberapa anakan lobster berukuran 7 cm dan dibesarkan dalam wadah kolam bulat merk intex pada waktu itu sekitar tahun 2006, yang di taruh potongan paralon sebagai tempat persembunyiannya. Dalam waktu beberapa bulan dengan pemberian pakan yang rutin tubuh lobster semakin berkembang dan besar Lobster dewasa yang sudah di pelihara dalam hitungan beberapa minggu akhirnya bisa bertelur karena adanya proses perkawinan antar Lobster di dalam 1 kolam. Dengan demikian budidaya lobster setidaknya membutuhkan waktu sekitar 6 bulan untuk bisa dijadikan layak konsumsi.

Sampai sekarang saya masih tertarik untuk membudidayakan Lobster tawar ini karena bisa di jadikan peluang usaha yang sangat menjanjikan dan harganya stabil di pasaran. Namun belum banyak orang mengenal dan mencicipi Lobster air tawar ini, karena mungkin ketersediaannya masih terbatas di pasaran, hanya tempat tertentu saja yang dipasok oleh para pembudidaya lobster tawar ini.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menginspirasi bagi rekan-rekan yang ingin membudidayakan Lobster tawar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan