Rabu, 05 Juli 2023

Tebang Pohon juga ada waktu yang tepat

Menurut Bapak Ali Joni dan Bapak Mawi bahwa untuk menebang pohon kayu ada waktu yang tepat maksudnya agar kayu tersebut awet saat digunakan sebagai bahan stuktur bangunan.

Pohon yang sudah cukup umur jika ingin ditebang maka perhatikan waktu tersebut ini merupakan cara orang dulu dan hasilnya memang terbukti bagus, bahkan jika ditelusuri ada penjelasan ilmiahnya seperti kandungan yang terdapat dalam pohon kayu.

Kayu papan berkualitas 

Pohon kayu yang asal tebang maka kayunya akan berdampak seperti daya tahannya yang lemah dan mudah rapuh, ini dikarenakan pada saat ditebang sel-sel pohon sedang ada perubahan siklus yang belum sempurna atau lemah, berbeda dengan mengikuti waktu tertentu yang sudah biasa dilakukan oleh orang-orang dulu yang tahu ilmu tebang pohon yang pas agar kayu yang dijadikan bahan bangunan awet tahan lama.

Sebagai referensi rekan pembaca bisa membaca artikel tentang konsep Brubuh yaitu tentang sistem penebangan kayu dengan menggunakan Kalender Jawa.

Diharapakan dengan menerapkan sistem ini dapat bermanfaat untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan maksud hasil tebangan pohon akan awet tahan lama sehingga orang tidak sering untuk menebang pohon secara asal dan liar.


Semoga infonya bermanfaat dan membantu





Pesisir Barat Juli 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan