Kamis, 28 Maret 2024

Kawin silang antar ikan siklid secara alami

Artikel kali ini adalah tentang kawin silang pada ikan di perairan kolam yang lebih dikenal dengan istilah hibridisasi, yaitu terjadi proses perkawinan antar dua ikan dari jenis spesies yang berbeda. Menurut admin proses ini dapat terjadi secara alami atau dengan campur tangan manusia.

Kawin silang alami
Kawin silang pada ikan secara alami dapat terjadi pada beberapa jenis ikan sehingga  terdapat varietas baru antara kedua ikan. Pada umumnya ikan yang mengalami kawin silang akan tampak lebih unik dan eksotis, biasanya akan terlihat perpaduan corak dan warna dari induk ikan.



Ada contoh yang bisa admin infokan yaitu anakan ikan red devil yang sudah mengalami kawin silang dengan ikan jenis lain akan terlihat unik pada bagian badannya yaitu terdapat dua warna yang mencolok seperti perpaduan hitam dan orange atau warna kuning cerah bercampur warna hitam. Umumnya ikan red devil murni adalah di dominasi oleh warna orange full dan terdapat nonong saat sudah menjadi indukan.

Ikan red devil hybrid di kuningan
Ikan red devil hibrid di kolam

Ikan red devil hibrid ini bisa ditemui di kolam-kolam di daerah Kuningan Jawa Barat, namun belum diketahui ikan jenis apa yang mengalami kawin silang dengan red devil. Ikan-ikan siklid yang berada dalam kolam terdapat beberapa jenis seperti ikan cangap, mujaer, nila dan red devil. 

Karena ini kejadian yang alami dan sulit sekali mencegahnya dan belum diketahui apa dan bagaimana dampak dari anakan dari kawin silang tersebut walaupun terjadi secara alami. 
 
Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan Maret 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan