Sabtu, 15 Juni 2024

Makanan ikan arwana

Ikan arwana si "ikan naga" telah lama memikat penghobi ikan hias dengan keindahan sisiknya yang besar tampak mengkilap dan keanggunannya yang menawan. Di balik pesonanya, memelihara dan merawat ikan yang dianggap purba ini menghadirkan tantangan tersendiri terutama dalam hal pemberian pakan. Sebagai ikan yang berkarakter predator alami ikan arwana ini membutuhkan nutrisi khusus untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatannya. Pada habitat aslinya ikan jenis arwana tergolong sebagai ikan karnivora dan surface feeder yang berarti lebih suka mencari makanan pada permukaan air.

Arwana jardini

Pada umumnya yang bisa kita lihat di situs youtube budidaya ikan siluk klangenan ini dipelihara dalam kolam semen tembok atau kolam tanah yang luas. Dari kolam-kolam yang luas nantinya ikan arwana jantan dan betina akan menyesuaikan hidup dengan habitat barunya tersebut bahkan jika cocok ikan-ikan yang ditebar dalam jumlah banyak akan mencari pasangannya yang ideal dan bisa berpijah secara alami. Hal ini juga tentunya didukung dengan pemberiaan pakan yang sesuai dan disukai oleh ikan arwana, semakin nyaman ikan tersebut maka ikan ini akan dengan cepat menyesuaikan diri walaupun bukan berada di habitat perairan aslinya.

Makanan yang disarankan oleh praktisi adalah pakan hidup atau organik yang mana mengandung protein tinggi dan vitamin serta mineral yang esensial untuk ikan arwana, selain itu untuk memelihara ikan arwana membutuhkan pengetahuan yang cukup seperti memperhatikan semua faktor penting termasuk kualitas air dilingkungannya.

Seperti yang dilakukan oleh Suk eng pang memberikan ratusan ekor arwana superred asli Ketungau asal perairan Kalimantan dengan kodok yang menjadi makanan ikan arwananya setiap hari. Menurutnya pemberian pakan kodok yang sudah di frozen ini sangat baik bagi pertumbuhan ikan arwananya seperti warna sisik arwana ketungau yang masih terjaga genetiknya selama puluhan tahun yang seperti kuning keemaasan. Dengan pemberian pakan kodok ini sudah terbukti di peternakannya di daerah Cibinong Bogor menghasilkan keturunan ikan arwana yang sangat berkualitas dan rata-rata keseluruhan ikan bertubuh besar, yang mana banyak praktisi perikanan yang datang dan berdiskusi mengenai ikan arwana.

Ada juga video di Youtube yaitu sebuah farm ikan arwana jenis silver yang memberikan pakan hidup pada ikan arwana dengan ikan-ikan invasif seperti ikan red devil yang sudah dicacah dan terlihat dalam video ikan arwana silver berjumlah puluhan itu memakan dengan lahap ikan red devil, menurut info yang admin dapat peternak tersebut memberikan ikan red devil sebanyak 300 kilogram per minggu untuk makanan arwananya.

Selain pakan-pakan hidup kini ikan arwana juga bisa diajarkan makan pelet yang mana pelet ini adalah yang mengambang pada air (floating) biasanya digunakan saat ikan arwana berada dalam pemeliharaan dalam aquarium ukuran besar. Salah satu merek pelet floating yang kaya nutrisi tersebut adalah merek JPD yang sudah lama beredar di pasaran di Indonesia. Pelet yang diformulasi agar ikan arwana dapat tumbuh besar dan mencerahkahkan warna ini memiliki kandungan protein sekitar 40 persen.

Pemilihan pakan yang tepat merupakan faktor penentu keberhasilan budidaya dan pemeliharaan ikan arwana untuk mendorong karakter alamiahnya seperti memperlancar pemijahan dan produktivitas yang tinggi bagi induk betina dan jantan walaupun bukan berada di perairan sungai yang merupakan habitat alaminya. Sebagai penghobi ikan arwana kita memiliki kebebasan untuk memilih jenis makanan apa yang terbaik bagi ikan tersebut dan mencari tahu dari praktisi arwana langsung, dengan memahami pilihan pakan arwana yang tersedia kita dapat memaksimalkan kesehatan arwana peliharaan.

Semoga infonya bermanfaat.


Kuningan Juni 2024




Artikel mengalami editan 15 juni 2024 jam 03:52

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan