Sabtu, 08 September 2012

Keajaiban Sedekah dan Kisahnya

Artikel kali ini adalah tentang keajaiban melakukan sedekah terutama bagi umat muslim di seluruh dunia yang percaya akan kekuasaan dan kebijaksanaan Allah Swt ketika seorang hambanya yang soleh berbuat kebaikan kepada sesama akan di balas berkali-kali lipat kebaikan yang tidak terduga-duga sebelumnya. Bersedekah merupakan perbuatan seseorang yang memberikan sesuatu baik harta benda atau tindakan yang sekiranya dapat membantu dan menyenangkan orang-orang di lingkungannya serta mengharapkan keridhoan Allah dengan keikhlasan yang murni. Keistimewaan sedekah menurut Ibnu Abi al-jad ,''Sesungguhnya sedekah itu benar-benar menghilangkan tujuh puluh pintu keburukan.''. Dan menurut Ali bin Abi Thalib berkata, ''Barang siapa yang telah diberikan suatu harta oleh Allah maka hendaklah ia menyambung kekerabatan dengannya, memperindah jamuan untuk tamunya, menolong seseorang yang membutuhkan, membebaskan tawanan, ibnu sabil, orang-orang fakir miskin, para mujahidin, dan dia bersabar atas musibah yang menimpa hartanya, karena dengan perkara-perkara itu dia akan memperoleh kemuliaan dunia dan akhirat.'' tentunya jika kita percaya dengan keimanan akan keutamaan bersedekah yang sangat baik dampaknya untuk manusia itu sendiri. Banyak hal yang tidak terduga akan keajaiban bersedekah yang mana selalu di perbincangkan oleh ustadz Yusuf Mansur, ia adalah salah satu orang yang percaya bahwa perbuatan yang mulia ini jika dilakukan dengan keikhlasan akan memberikan dampak yang baik yaitu dibalas kebaikan yang berlipat-lipat dan entah bagaimana caranya Allah melakukannya kepada hamba-hambanya yang soleh. Bersedekah merupakan teladan nabi Muhammad Saw yang patut di ikuti oleh semua umatnya karena beliau merupakan tauladan dan contoh terbaik bagi umatnya untuk menempuh keridhoan ilahi. Maka dari itu bagi rekan-rekan yang ingin mengharapkan keridhoan ilahi sering-seringlah melakukan kebajikan antar sesama dan belajar untuk ikhlas. Menurut buku karangan Hasan bin Ahmad bin Hasan Hammam yang sudah diterjemahkan bahwa ada hikmah dan kisah menarik tentang Keajaiban dari bersedekah, yaitu seorang pengusaha yang sembuh dari penyakit kanker dan ia merasa bahwa semua itu berawal ketika ia melakukan sedekah dengan ikhlas. Berikut kisahnya :

Kisah ini termasuk diantara kisah-kisah yang masyhur yang telah sering diperbincangkan dan menjadi pelajarang dan nasihat bagi setiap orang.

Pelaku kisah ini adalah seorang kaya dari kalangan pedagang sukses yang merasakan sakit yang begitu menyerikan, dimana dia tidak mampu menahannya, lalu dia pergi ke salah satu rumah sakit yang terkenal dan mengadakan pemeriksaan intensif. Pemeriksaan tersebut mengungkapkan hasil yang sangat mengejutkan bahwa telah terdapat kanker dalam tubuhnya, dan prosentasi kesembuhannya sangatlah tipis. Para dokter menyarankannya untuk pergi ke luar negeri untuk berobat di sana. Orang tersebut pun pergi ke salah satu negeri dan melakukan berbagai pemeriksaan dan pengobatan sekali lagi, dan hasilnya sama seperti hasil pemeriksaan pertama, para dokter menyarankan agari dia menjalani operasi pemotongan beberapa bagian tubuh yang di tumbuhi kanker, akan tetapi orang tersebut memohon kepada dokter agar menangguhkan operasi tersebut beberapa saat supaya dia dapat kembali ke negerinya di mana dia harus mengurus perkara pekerjaannya dan berwasiat kepada para karib kerabatnya karena kemungkinan dia tidak dapat bertemu dengan mereka, maka orang tersebut kembali ke negerinya lalu mengurus segala urusan bisnisnya, menulis surat wasiat dan berpamitan kepada karib kerabatnya tanpa memberitahu hakikat kepergiannya.

Pada suatu hari ketika dia hendak kembali ke rumahnya, keadaan wanita yang tua renta menarik perhatiannya, dimana dia sedang berdiri di samping tempat pemotongan daging hewan, tiba-tiba dia terlihat sedang memungut beberapa potongan tulan-tulang yang berjatuhan dari tempat pemotongan tersebut. Laki-laki tersebut berhenti dari jalannya lalu mendekati wanita tua itu dan bertanya tentang kondisinya dan mengapa dia mengumpulkan tulang-tulang tersebut ? Dia menjawab, " Dia memiliki beberapa anak yang telah yatim dan miskin, sedang mereka tidak memiliki uang untuk membeli daging sehingga dia mengumpulkan tulang-tulang tersebut supaya dapat dimasak untuk anak-anaknya sebagai pengganti daging.". Laki-laki tersebut merasa iba dengan kondisi wanita tua itu, lalu dia mengeluarkan sejumlah uang yang banyak dan memberikannya kepada wanita itu serta memerintahkan kepada tukang potong hesan untuk selalu mengirimkan sejumlah daging kepada keluarga wanita itu setiap minggunya, juga memberikan lagi sejumlah uang yang banyak kepada tukang tersebut, lalu wanita tua itu berterima kasih kepada laki-laki tersebut atas perbuatan baiknya dan berdoa untuknya, kemudian dia berbalik pulang.

Kemudian laki-laki tersebut pergi kembali ke luar negeri untuk melakukan operasi bedah. Sebelum operasi dilakukan, para dokter kembali memeriksanya secara intensif dan hasilnya sangat mengejutkan, sehingga rona wajah dokter itu berubah seraya marah. Sang dokter bertanya kepada laki-laki tersebut ," Apakah anda telah pergi ke rumah sakit lain untuk berobat ?" Laki-laki tersebut menjawab," Tidak, saya tidak pergi berobat ke rumah sakit lain." Dokter berkata kepadanya," Anda telah  berdusta kepada saya, maka jujurlah kepada saya apakah anda telah pergi atau tidak ?" Laki-laki tersebut kembali menjawab, " Saya bersumpah dengan nama Allah bahwa saya tidak pergi, dan kenapa pertanyaan itu ditujukan kepadaku ? " Dari sini dokter itu baru memberitahukan hasil pemeriksaan kepadanya," Pemeriksaan yang baru tersebut menunjukan bahwa tidak ada sisa-sisa kanker dalam tubuhnya, dan sekarang dia berada dalam kondisi sehat, namun laki-laki tersebut tidak mempercayai keterangan yang telah dia dengar dari dokter. Tiba-tiba air matanya mengalir dari kedua matanya seraya bertanya kepada dokter , " Apakah benar yang anda katakan ?" lalu dokter itu pun bersumpah dengan nama Allah akan hal itu, lalu memperlihatkan hasil dari pemeriksaan tersebut, kemudian orang tersebut memuji Allah dan kembali ke negerinya dengan selamat dan sehat.

Dia menceritakan kisah tersebut kepada keluarganya yang terkesima dengan apa yang telah mereka dengar. Dari sini laki-laki tersebut berucap, " Sungguh Allah telah menyembuhkan penyakitku karena doa wanita tua tersebut yang telah aku berikan sedekah untuk anak-anak nya yang yatim." Kemudian dia berjanji kepada dirinya untuk memelihara keluarga yang miskin tersebut hingga waktu yang di kehendaki oleh Allah...Subhanallah al-'Azhiim, Subahnallah al-Qadir.

Itulah kisah yang sangat mengharukan dan dapat kita ambil hikmahnya bahwa perbuatan-perbuatan yang baik dapat menolong kita ketika sedang mengalami kesusahan dan upayakan agar selalu bertawakal kepada Allah.

Sumber Kisah : Keajaiban Sedekah & Istighfar
                         karangan Hasan bin Ahmad bin Hasan Hammam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

situs 3gp

Blog list