Jumat, 31 Mei 2013

Praktek sederhana budidaya jamur merang Jerami

Artikel berikut merupakan cara dan praktek membudidayakan jamur merang yang dilakukan secara sederhana. Tehnik ini sudah umum dan bisa dilakukan dimana saja, asalkan suhu dan kelembaban sesuai untuk pertumbuhan jamur. Pada umumnya jika suhu ruangan terasa membuat tubuh kita agak gerah kemungkinan besar kita bisa menumbuhkan jamur berharga sangat ekonomis ini, idealnya adalah sekitar 28 derajat celcius. Berikut adalah cara dan proses penanamannya :

1. Ambil jerami di sekitar lokasi penanaman padi, yang sudah dilakukan pemanenan oleh petani kira-kira cukup untuk memenuhi isi kotak kayu ukuran 60 x 30 x 40 cm. Jerami yang baik untuk diambil adalah tidak terlalu lama masa penyimpanannya dialam bebas misalnya sudah terkena air hujan dan mengalami pelapukan. Diharapkan jerami tersebut mengering di dalam ruang yang aman dan dengan sendirinya akan terlihat kekuningan.

2. Setelah mengalami pengeringan biasanya sekitar 3-4 hari, potong jerami  tersebut hanya pada batas tangkainya saja atau sekitar 40 cm dan bulir padinya tidak terpakai.

Menurut para praktisi hanya pada tangkai yang bisa menumbuhkan jamur merang dan bisa berkembang dengan baik.  

3. Setelah potongan jerami terkumpul ikat jerami tersebut satu persatu seperti layaknya sapu lidi dengan ketebalan 10 cm.

lalu masukan dalam wadah dan rendam dalam air bersih selama kurang lebih 1 jam. Jika melayang dalam air dapat di tahan dengan alat bantu seperti disanggah dengan bambu atau kayu agar terendam semuanya.

4. Setelah mengalami perendaman, tiriskan sebentar agar media tidak terlalu basah sekitar 1 jam.

5. Siapkan wadah kotak dan masukan tumpukan potongan jerami yang sudah direndam dengan teratur dengan posisi saling silang. Pastikan media tanam tidak terlalu basah namun agak lembab. Pada tahap ini sekaligus penanaman bibit jamur merang.

6. Setelah selesai tutup wadah dan selubungi dengan plastik agar kelembabannya terjaga selama proses tanam. Biasanya sejak penanaman sampai panen akan berlangsung sekitar 10 hari, dan di hari selanjutnya akan mengalami masa istirahat sekitar 4 - 5 hari yang mana buah jamur akan kembali membesar dan siap panen. Dalam media yang sama jika penanaman dan pemupukannya bagus akan mendapat hasil yang maksimal sekitar 1-2 kg jamur dalam jangka waktu 1 bulan lebih. Admin sendiri belum bisa mencapai target seperti itu namun akan belajar lebih optimal lagi kedepannya :D.

Bahan pupuk
- NPK 15-15-15 : dilakukan penyemprotan dengan npk ketika ada serabut di sekitar media tanam atau yang sering di sebut miselium.

Alat-alat
-Semprotan hand sprayer : untuk menyemprot dalam bentuk kabut sehingga tidak merusak media tanam jamur yang mudah sekali rusak.

Yang harus dihindari:
- Jangan melakukan penyemprotan ketika buah jamur sudah terlihat bintik putih karena akan menyebabkan buah menjadi busuk.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, jika ada kekurangan dalam penulisan mohon maaf dan kiranya saling berbagi agar bisa mendapat pencerahan lagi :).
 

13 komentar:

  1. Pretty nice post. I just stumbled uρon youг blog
    and wishеd tο sаy that Ι've really enjoyed browsing your blog posts. After all I will be subscribing to your feed and I hope you write again very soon!

    Look into my blog post Quick Decision Loans

    BalasHapus
  2. terima kasih komentarnya :D

    BalasHapus
  3. wah bisa dicoba ini gan... simpel jg kayaknya gan... tankssss....

    BalasHapus
  4. coba aja kang, sekalian belajar agribisnis :D

    BalasHapus
  5. Alamsyah Tour & Travel akan segera membuka Home Stay untuk fasilitas klien dari luar kota......terletak di kawasan yang nyaman dan tenang, kami memberikan solusi penginapan serasa dirumah pribadi anda dengan berbagai fasilitas kelas atas dan satu-satunya home stay paling nyaman di pusat kota Banyuwangi.

    http://rentalmobilalamsyah.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. lha pupyk npknya itu komposisinya gimana???

    BalasHapus
  7. @just for fun : terima kasih banyak kang komentarnya..sampai lupa di tulis. Komposisinya campur isi 1 sprayer ukuran 300 ml dengan 1 sendok teh npk (bulat) yang warnanya merah kang lalu semprot ke bibit jamur yang sudah kelihatan jaring-jaring halus (warna putih).

    BalasHapus
  8. @linda setiawan: bibit jamur merangnya beli di cirebon, di rumah pak enjo suharjo mbak..

    BalasHapus
  9. bneran bisa tumbuh gk ni jamurnya ?

    BalasHapus
  10. Saya sering lihat di sawah terutama sawah yg sudah panen dan di situ ada tumpukan jerami itu ko bisa tumbuh jamur, maksud saya jamur itu kan berarti tanpa bibit kan(bisa) #saya akan coba di rumah nanti

    BalasHapus
  11. Apa kalau gak difermentasi dulu jamur kontaminan seperti jamur Jerami gak numbuh

    BalasHapus
  12. Untuk bibit jamurya bisa beli dimana ya gan ,pengin nyba.
    terimakasih bermafaat

    BalasHapus

situs 3gp

Blog list