Rabu, 03 Juli 2019

Singkong rebus disukai anakan Cacing Sutra

Cacing sutra memang merupakan hewan air yang sangat unik. Hewan yang bisa hidup diperairan yang kotor (agak berbau) sekalipun asalkan ada aliran mengalir ini bisa terus melangsungkan kehidupan koloninya di tempat yang sama bahkan kadang- kadang juga suka berpindah tempat.

Makanan
Hewan hermaprodit ini gemar makan makanan yang sudah dilembutkan contohnya diantaranya yang merupakan favoritnya :

-singkong rebus.
-kentang rebus.
-tempe yang sudah di ulek agar lembut
Dan pelet yang di fermentasi.

Menurut saya yang masih dalam tahap belajar budidaya cacing sutra dari sekian makanan yang diberikan ada salah satu makanan rebusan yang sangat diminati oleh anakan cacing, yaitu singkong rebus.

Jadi ceritanya begini, saya memelihara cacing sutra dengan media tanah humus (walaupun kurang maksimal) yang banyak dijual di toko bunga dan pupuk kompos di kolam ukuran lebar 0,5 m x panjang 6 m x tinggi 0,2 m. Singkat cerita dengan sirkulasi air yang sesuai aturan setelah 6 hari anakan cacing sutra sudah banyak bermunculan di sekitar dinding tembok dengan ukuran yang pendek dan menggumpal seukuran biji buah ciremai.

Secara tidak sengaja saya juga memberi makan singkong rebus yang ditebarkan dikolam karena makanan fermentasinya habis. 1 hari kemudian saya cek kolam ternyata diatas singkong rebus itu ada koloni anakan cacing sutra yang cukup banyak, akhirnya saya berkesimpulan bahwa anakan cacing sutra bisa terpanggil dengan adanya singkong rebus :D.


Dalam budidaya cacing sutra menurut pengalaman saya tidak semua dalam wadah pemeliharaan murni isi cacing sutra kadang muncul aneka hewan air yang muncul seperti uget uget, larva nyamuk merah, bahkan cacing berbentuk kecil berwarna putih. Namun saya yakin yang menempel di singkong rebus tersebut adalah anakan cacing sutra hasil dari budidaya.

Dengan demikian menurut saya pribadi singkong rebus bisa dijadikan pakan untuk anakannya, karena saya sudah mencobanya beberapa kali.

Semoga artikel sederhana ini bisa bermanfaat bagi rekan-rekan yang ingin mencoba budidayanya. Namun saya menyarankan lebih bagus memakai media lumpur yang sudah disaring karena bisa berpotensi lebih maksimal.

Contoh anakan cacing sutra

4 komentar:

  1. Cacing warna putih itu cacing apa, apakah anak cacing sutra langsung berwarna merah

    BalasHapus
  2. Menurut pakar cacing sutra bahwa cacing yang berwarna putih itu benar anakan cacing sutra mas. Ukuran masih pendek lama kelamaan akan berwarna merah. Soalnya saya pribadi sudah menemukan di uji coba budidaya cacing sutra

    BalasHapus

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan