Minggu, 12 Mei 2024

Ikan nemo hasil kawin silang dan ragam jenisnya

Ikan nemo asli dari alam yang banyak diketahui adalah berwarna perpaduan antara oranye dan putih dan ada sentuhan garis hitam pada tubuhnya yang membuat ikan ikan ini terlihat cantik. 

Menurut info dari channel Youtube Perikanan Budidaya bahwa jenis-jenis ikan nemo hibrid telah bisa dikembangkan indukan dari alam yaitu menggunakan teknik kawin silang (cross breeding). Berkat teknik kawin silang ini, kini sudah ada ikan nemo hibrid dengan warna-warna yang sangat menarik.

Hasil dari teknik kawin silang ikan nemo hibrid ini sangat diminati pasar penghobi ikan hias laut yaitu terdiri dari 14 jenis yang diberi nama balong padang, biak biasa, black ice, black proton, black snowflake, frosebite, fullblack, halfblack, lightening maroon, pellet orange, pellet pink, picasso, platinum dan snow flake. Kehadiran ikan nemo hasil kawin silang menawarkan warna-warna cantik dan menghasilkan variasi warna baru.

Ragam jenis ikan nemo di perairan

Perlu diketahui juga bahwa ikan nemo diperairan laut lainnya memiliki bermacam corak warna. Menurut situs Wikipedia terdapat tiga puluh jenis ikan nemo yang sudah dikenali yang mana ikan-ikan ini tentunya memiliki corak warna yang berbeda dan selalu berhubungan erat dengan anemon laut sebagai ciri khasnya yaitu untuk bersimbiosis mutualisme yang mana dapat menguntungkan bagi kedua biota laut ini.

Info lain dari situs penelitian researchgate.net yaitu terdapat gambar-gambar ikan nemo dengan keanekaragamannya, seperti pola warna ikan anemon dewasa yang sudah terbagi menjadi 5 kelompok pola dan warna ikan nemo seperti (1) tidak ada garis vertikal, (2) terdapat satu garis vertikal, (3) terdapat dua garis vertikal, (4) tiga garis vertikal, dan (5) jenis bars polymorphism.

Gambar-gambar ikan anemon beragam jenis ini juga dilengkapi nama-nama ilmiahnya namun info lokasi keberadaan ikan berasal dari perairan laut mana tidak disebutkan hanya beberapa tempat ikan nemo atau anemon ini dapat ditemukan pada perairan laut dangkal tropis.

Sementara info dari situs okinawanaturephotography.com yang dikelola oleh Shawn Miller yang juga seorang fotografer profesional telah mengabadikan foto-foto berkualitas tinggi ragam ikan nemo ini di perairan laut kepulauan Ryukyu, menurutnya di perairan indah Okinawa Jepang terdapat 6 jenis yaitu (1) Amphiprion Clarkii, (2) Amphiprion frenatus, (3) Amphiprion ocellaris, (4)  Amphiprion Perideraion, (5) Amphiprion Polymnus dan (6) Amphiprion Sandaracinos. Semua ragam jenis ikan nemo yang diabadikan memiliki warna dan pola garis vertikal yang berbeda. 

Admin sendiri baru mengetahui ragam jenis ikan nemo atau ikan anemon ini, karena selama ini ikan yang diketahui adalah dengan nama ilmiah Amphiprion ocellaris, yaitu yang berwarna perpaduan antara oranye dan putih dan sentuhan garis hitam pada tubuhnya, dan termasuk dalam kelompok ikan nemo yang terdiri dari 3 garis vertikal.

Jika diperhatikan ikan nemo hibrid hasil kawin silang yang sudah ada sekarang, hampir ada kemiripan dengan ikan nemo asli yang berada dari perairan laut lain dengan lokasi yang berbeda. Seperti yang diinfokan oleh channel youtube Humas BPBL Ambon bahwa ikan hibrid tersebut dihasilkan dari indukan nemo yang berbeda varian, namun admin belum mendapatkan info dengan varian ikan nemo apa sehingga menghasilkan ikan hibrid yang sangat cantik ini.

Semoga infonya bermanfaat.


Kuningan Mei 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan