Selasa, 28 Mei 2024

Pemijahan ikan Rasbora Galaxy di aquarium besar

Ikan Rasbora banyak sekali keanekaragamannya yang telah ditemukan oleh beberapa para peneliti seperti yang menemukannya di perairan sungai atau darat di wilayah Indonesia. Ikan-ikan cantik ini sangat digemari di luar negeri karena ikan alam liar ini sangat mempesona saat dipelihara dalam aquarium aquascape bertemakan alam.

Saat ini ikan Rasbora sudah dapat diperbanyak keturunannya sehingga populasi ikan di habitat aslinya dapat terjaga kelestariannya. Para breeder saat ini sudah bisa membudidayakan ragam jenis ikan Rasbora, dan yang termasuk banyak permintaan adalah dari jenis Rasbora Galaxy yang mana ikan asli dari perairan tawar Myanmar ini ternyata cukup mudah untuk dipijahkan secara alami.

Seperti yang dilakukan oleh praktisi yang berada di Desa Mangunegara Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga yang diupolad oleh Channel Youtube Pelatihan BP3 Tegal yaitu memberikan edukasi bagaimana cara memijahkan ikan ini dalam aquarium.


Menurut penyuluh perikanan BPPP Tegal Bapak Saprudin bahwa lokasi dan kondisi perairan sangat mendukung seperti ketersedian air yang tercukupi sepanjang tahun dan suhu yang cocok untuk kebutuhan budidaya ikan Rasbora, dan menurutnya juga bahwa daerah lain juga berpotensi bisa untuk membudidayakannya. Menariknya dalam penanganannya tidak perlu sering dalam penggantian air yang mana ikan ini masih bisa beradaptasi dengan baik. Sementara untuk pemasaran ikan Rasbora Galaxy masih terbuka untuk pasar dalam negeri dan luar negeri seperti Asia dan Eropa.

Perlu diketahui juga untuk memijahkan ikan hias ini adalah dengan mencari indukan yang sudah matang gonad yang mana untuk mendapatkan induk diperlukan waktu hingga mencapai dewasa yaitu berukuran 2,1 sampai 2,5 cm.

Proses Pemijahan
Berdasarkan tayangan dalam video untuk memijahkan diperlukan aquarium ukuran besar dan wadah substrat telur.



Wadah substrat telur
Screenshot channel youtube Pelatihan BP3 Tegal

Wadah sebagai penempatan telur dilengkapi dengan untaian tali rafia yang bentuk seperti ranting-ranting pohon, substrat ini berfungsi sebagai tempat menempel telur setelah dibuahi.

Ikan indukan jantan dan betina yang sudah matang gonad akan dimasukan dalam aquarium dapat dibedakan seperti jantan berwarna agak kebiruan dan betina berwarna kuning pada bagian perut dan terlihat membesar karena terdapat telur.

Pemijahan ikan Rasbora Galaxy bisa dilakukan secara massal, biasanya proses pemijahan akan terlihat aktifitas indukan ikan Rasboras seperti mengejar-ngejar atau mendekati substrat. Setelah terjadi proses pemijahan secara alami dalam aquarium telur-telur yang sudah terbuahi akan menempel pada substrat. Selanjutnya subtrat tersebut diambil keluar dari aquarium, lalu dipindahkan dalam bak plastik untuk segera pemanenan telur.

Telur akan berjatuhan di bak plastik berisi air kemudian di sifon dengan selang ukuran kecil ( selang aerator) lalu dipindahkan dalam wadah aquarium atau bak plastik lainnya sesuai dengan tayangan video. Telur-telur yang sudah dipindahkan dalam wadah kemudian ditutup dengan karton sehingga semua permukaan wadah plastik atau aquarium benar-benar tertutup. Telur-telur ini biasanya akan menetas dalam jangka waktu 3 sampai 4 hari.

Selanjutnya telur yang sudah menetas yang kemudian menjadi larva ini bisa diberi pakan seperti naupli artemia atau artemia yang baru saja menetas dari cangkangnya atau memberi parameciun sehingga larva bisa memakan naupli artemia yang masih sesuai bukaan mulut larva Rasbora galaxy.

Benih yang sudah berumur 5 hari sudah bisa dipindahkan dalam tempat pendederan seperti kolam-kolam terpal. Untuk perawatan air bisa menggunakan daun ketapang yang dimasukan dalam kolam pendederan yang bermanfaat untuk kesehatan benih ikan Rasbora Galaxy.

Rendaman daun ketapang dipercaya dapat menurunkan pH air dan memperbaiki kondisi air sehingga mampu untuk membantu mempercepat kesembuhan bagi ikan-ikan yang sakit. Selama pembesaran ikan dalam kolam pendederan ikan bisa diberi pakan seperti cacing sutra, daphnia magna dan pelet.

Agar lebih jelas dan detail rekan pembaca bisa melihat videonya seperti panen dan cara menyifon telur hingga pendederan benih umur 5 hari.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan Mei 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan