Jumat, 31 Mei 2024

Peternakan ikan Frontosa di Bandung

Ikan frontosa (Cyphotilapia frontosa)  berasal dari perairan Danau Tanganyika di Afrika Timur terkenal dengan dahinya yang terlihat nonong seperti ikan Louhan. Ikan siklid asli Afrika ini sudah lama diperkenalkan di Indonesia dan bisa beradaptasi hingga sudah bisa kembangbiakan oleh para breeder seperti di daerah Bandung, Jawa Barat.


Bandung adalah kota yang terkenal dengan julukan "Kota Kembang" dimana tidak hanya memukau dengan pesona alamnya yang indah tetapi juga menyimpan potensi luar biasa dalam bidang peternakan ikan hias. Salah satu jenis ikan hias yang menjadi primadona di kalangan pecinta aquarium di Bandung adalah ikan siklid dari perairan Afrika seperti Danau Malawi dan Tanganyika.

Peluang bisnis yang menjanjikan dalam peternakan ikan siklid Afrika seperti frontosa di Bandung ini didasari oleh permintaan pasar yang tinggi baik di dalam negeri maupun luar negeri sehingga membuka peluang bagi para pembudidaya untuk meraih keuntungan yang sangat lumayan dari ikan siklid hias berharga tinggi ini dipasaran.

Berdasarkan pengalaman para penghobi dalam memelihara ikan frontosa bahwa ikan setidaknya membutuhkan aquarium yang agak luas dan air yang disesuaikan pH airnya sesuai habitat aslinya untuk pertumbuhan optimal. Pemeliharaan secara intensif menjadi kepuasan tersendiri bagi para penghobi karena diperikrakan ikan ini bisa hidup selama 25 tahun.

Dalam membudidayakan diluar habitat aslinya para breeder ikan hias membutuhkan pengetahuan dan teknik yang tepat untuk memeliharanya agar ikan ini dapat tumbuh dengan optimal dan menghasilkan anakan yang akan dipelihara kembali di bak pembesaran. 

Perlu diketahui juga bahwa ikan yang bisa tumbuh puluhan cm ini termasuk lama dalam pertumbuhannya, maka wajar jika memiliki harga yang tinggi saat sudah mencapai ukuran besar.

Kepopuleran ikan siklid frontosa menjadikannya primadona pajangan di aquarium sehingga ikan frontosa layak sebagai komoditas ekspor ikan hias, dan para breeder ikan hias di Bandung telah memanfaatkan peluang ini dengan giat membudidayakan frontosa dalam aquarium-aquarium berukuran besar sampai saat ini.

Peternakan Frontosa di BBI Bandung Mengger

Selain para breeder ikan frontosa yang sudah berhasil membudidayakannya di Bandung admin juga akan mereview video youtube yang mana BBI di kawasan Bandung sudah mengembangbiakan ikan ekslusif ini di dalam hatchery indoor dengan fasilitas aquarium lengkap seperti tempat pemijahan, pendederan dan tempat karantina.

Berdasarkan video vlog Kamimasai Aquatic BBI Mengger sudah membudidayakan ikan ini sejak lama dan ada empat jenis seperti Black Widow, Burundi, Moba dan MPimbwe. Ikan-ikan ini akan dipijahkan dalam aquarium-aquarium besar dengan ukuran 1 x 1,5 meter persegi yang setiap aquarium diisi beberapa ekor ikan frontosa. Pemijahan yang dilakukan adalah secara alami yang mana tidak melakukan suntik pada induk ikan.

Dalam satu aquariun bisa dimasukan 2 set indukan yaitu 2 ekor Jantan dan 8 ekor betina yang mana induk jantah harus lebih besar dari induk betina. Indukan yang dipakai untuk pemijahan adalah umur 7 tahun karena sudah sangat ideal sekali walaupun ada pernah yang umur 25 tahun, namun produktivitasnya sudah menurun. Ikan-ikan ini dipijahkan disesuikan dengan karakternya seperti ditaruh tempat mengumpat pada indukan. Menurut staf BBI Mengger bahwa ikan frontosa bisa menghasilkan telur sekitar 30 butir sampai 102 butir telur per ekor induk tergantung besar kecilnya dan umur indukan.

Proses pengambilan telur yaitu dengan cara mengambil telur dari mulutnya secara manual dengan cara memegang indukan yang mengarahkan mulut induk kedalam seser halus dengan istilah "mengocok telur" yang nantinya telur akan berjatuhan ke dalam seser halus saat masuk ke area air di aquarium. 

Telur-telur yang sudah diambil akan ditaruh dalam wadah seperti saringan dari plastik yang bisa mengapung di air, lalu wadah berisi telur dimasukan dalam aquarium yang sudah dilengkapi dengan aerasi dari mesin aerator yang hingga telur-telur menjadi larva yang kemudian akan dibesarkan kembali. 

Khususnya pada saat musim dingin pembesaran anakan ikan dari sejak telur biasanya ada rentan kematian karena ada saja kejadian telur yang tidak berkembang menjadi larva dan membusuk walaupun pada saat musim dingin produktivitas induk sedang naik-naiknya.

Menurut isi vlognya dalam satu bulan peternakan ikan frontosa ini dapat menghasilkan anakan ikan ukuran 1 inch sebanyak 800 sampai 1000 ekor dari keseluruhan indukan yang ada dan banyaknya produktivitas indukan tergantung dari kondisi musim. 

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan Mei 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan