Kamis, 30 Mei 2024

Danau Malawi Surga Siklid eksotis

Danau Malawi merupakan danau ketiga terbesar di Afrika dan merupakan danau terdalam urutan kedua di benua Afrika sehingga memungkinkan tumbuh berkembang biak aneka kehidupan biota air tawar yang sangat cantik semisal ikan-ikan siklid asal Danau Malawi yang terkenal akan warna-warnanya yang sangat eksotis.

Danau ini terkenal dengan airnya yang jernih disekitar permukaan danau sehingga sinar matahari dapat menembus sampai ke dasar danau dimana terdapat ekosistem yang ideal untuk pertumbuhan tanaman air seperti alga yang mana menjadi sumber makanan dan tempat berlindung bagi ikan yang menghuni danau dengan luas 29 ribu kilometer persegi ini.

Menurut info di danau besar ini terdapat ratusan  jenis ikan termasuk ikan jenis siklid endemik yang mendominasi wilayah perairan ini dengan warna-warna memukau yang bisa menarik perhatian bagi siapa saja yang melihat. Maka bisa dikatakan bahwa Danau Malawi adalah surga bagi ikan-ikan siklid berwarna amat cerah dan saat ini banyak dicari oleh kolektor ikan hias yang cenderung menyukai jenis siklid. 

Untuk memelihara ikan siklid ini memerlukan perawatan yang agak telaten bagi para pemeliharanya seperti diharapkan penghobis mengetahui kebiasaan ikan-ikan ini hidup dialam aslinya misalnya ikan yang terbiasa hidup dengan air dengan pH lumayan tinggi yaitu sekitar 7,8 untuk jenis-jenis siklid tertentu yang menyukai air basa (asam). Menurut situs Wikipedia bahwa kondisi pH perairan danau Malawi adalah dari pH 7,7 sampai 8,6 dan bersuhu hangat, sehingga perlu diketahui masing-masing karakter ikan tersebut.

Sementara seperti ikan Johani biru dan ikan snow white albino bisa hidup beradaptasi dengan baik pada pH normal (pH 7) di perairan tawar Indonesia dan bisa berkembang biak dengan baik yang mana dikenal dengan introduksi ikan dari luar perairan Indonesia. Berdasarkan pengalaman saat admin memelihara ikan Johanni biru ini di perairan tawar di Kuningan ikan ini bisa memunculkan warna yang terbilang cukup cerah namun terlihat sedikit pucat di pH air sekitar 7. Menurut infonya ikan ini masih bisa hidup di pH hingga 9 (basa).

Ikan Johanni asal Danau Malawi

Ragam ikan siklid di Danau Malawi ini terdapat ikan-ikan yang memakan nabati dan hewani seperti krustasea kecil. Jadi penghobi ikan siklid yang ingin memelihara bisa mencari info tentang ikan yang akan dipelihara dengan cermat, dan secara keseluruhan dalam hal makanan ikan siklid ini ada 3 jenis yaitu herbivora, omnivora dan piscivora (memakan ikan lain) seperti artikel yang di posting oleh situs pethelpful.com

Khusus untuk siklid herbivora yang mana banyak dipelihara oleh penghobis di Indonesia menurut situs aquadecorbackgrounds.com hal terbaik untuk memelihara ikan-ikan siklid cantik ini adalah dengan memasang ornamen bebatuan atau gua buatan yang bisa ditempatkan dalam aquarium. Ikan-ikan siklid ini dikenal dengan sebutan "ikan batu" atau "mbuna' karena seringnya berinteraksi di sekitar bebatuan besar yang berada dalam lingkungan danau besar ini.

Dalam hal makanan alaminya jenis ikan siklid mbuna akan memakan alga yang tumbuh di bebatuan, makanan nabati ini diperlukan juga untuk pertumbuhannya karena jenis siklid herbivora kurang baik dalam mencerna lemak hewani dan tentunya akan menderita gangguan pencernaan jika diberi makanan selain alga sebagai makanan alaminya saat dipelihara dalam aquarium. 

Khusus untuk jenis siklid mbuna (herbivora) kini produsen pakan buatan pabrikan yang berupa pelet chips berbentuk keripik kecil khusus untuk kebutuhan nutrisi ikan siklid ini yang sudah dijual untuk para penghobis,  yaitu makanan mengandung berbagai sumber protein nabati yang mudah dicerna yang terbuat dari kacang hijau, spirulina dan ganggang rumput laut.

Karakteristik air tawar di Danau Malawi tentunya mendukung keanekaragaman hayati untuk kebutuhan nutrisi ikan siklid dalam berkembang biak dan berevolusi secara alami. Keunikan ekosistem perairan danau terbesar luasan wilayahnya  yang berada dalam urutan kesembilan di dunia ini merupakan tempat paling ideal untuk ratusan jenis ikan siklid yang beraneka ragam karakter dan penuh warna yang ratusan jenisnya sangat diminati para penghobis ikan siklid.

Semoga infonya bermanfaat.


Kuningan Mei 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan