Selasa, 14 Mei 2024

Usaha sampingan pembesaran ikan hias nemo

Artikel kali ini adalah tentang peluang dari usaha pembesaran ikan nemo yang menurut admin dinilai sebagai usaha sampingan yang sangat menarik dan menguntungkan. Ketertarikan penghobi pada ikan nemo ini selain cantik dan enak dipandang ikan ini memiliki karakter individual yang menjadikannya sangat disukai untuk dijadikan koleksi di aquarium.

Membesarkan ikan nemo dengan keanekaragamannya di dalam aquarium atau wadah container sudah dilakukan oleh pecinta ikan hias air laut yang ingin menghasilkan pendapatan tambahan, dan umumnya masih dalam skala rumahan.

Memulai usaha pembesaran ikan nemo bisa dilakukan pada tempat ruangan indoor yang terbatas dan membutuhkan modal awal untuk membeli aquarium, peralatan pendukung dan bibit ikan. Selain itu diperlukan keterampilan dan pengetahuan tentang cara memelihara dan membesarkan ikan nemo agar dapat tumbuh dengan sehat selama pemeliharaan karena harga benih ikan nemo terbilang mahal dan termasuk ikan yang ekslusif.

Usaha pembesaran ikan nemo skala rumah Screenshot channel youtube Gobang Aquatic
Usaha pembesaran ikan nemo skala rumah
Screenshot channel youtube Gobang Aquatic

Water treatment untuk usaha pembesaran ikan disesuaikan seperti yang dilakukan oleh BBPBL Lampung,  yaitu menggunakan sistem Resirculating Aquaculture System (RAS). Dengan sistem ini dapat memanfaatkan air media pemeliharaan secara terus berulang-ulang, akan tetapi akan ada tahap penggantian air dan pencucian pada sistem filter air.

Peralataan yang mendukung dan bahan kontruksi water treatmentnya (sistem ras) sehingga cocok untuk pemeliharaan ikan nemo berdasarkan info dari channel youtube Perikanan Budidaya sebagai berikut.

1. Wadah pemeliharaan (aquarium atau container plastik)

2. Pipa untuk masuk air.

3. Pipa untuk keluar air.

4. Filter mekanik (Dacron).

5. Filter biologi aquarium.

6. Pompa air.

7. Protein skimmer.

8. Heather.

9. Batu aerasi.

10. Ozonizer ( maksimal pemakaian 30 menit sehari.

Pasar ikan nemo
Ikan hias laut ini memiliki permintaan yang rutin baik di dalam negeri atau di ekspor ke luar negeri dan menurut info memiliki harga jual yang stabil dipasaran seperti ke Dubai dan Eropa. Dikutip dari situs suarapemerintah.id "Potensi ekspor dari jenis ikan ini tinggi. Ikan hias punya angka ekspor yang besar". Sementara permintaan dalam negeri seperti dari pedagang ikan hias air laut di Jakarta, dan kota-kota lainnya di Jawa dan Sumatera cukup tinggi bahkan juga ada permintaan dari Kalimantan seperti yang diberitakan oleh situs Trobosaqua.com. Pasar ikan nemo sangat luas dan sudah mendunia.

Membesarkan ikan nemo sebagai usaha sampingan bisa menjadi pilihan yang menarik dan dapat menguntungkan. Diharapakan sebelum menjalankan usaha kita telah mempertimbangkan semua faktor dan siap menghadapi tantangan yang ada dan dapat menganalisa peluang bisnisnya. 

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan Mei 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan