Jumat, 13 September 2024

Ikan tetra mata merah (Red eye tetra)

Ikan tetra mata merah (Red eye tetra) merupakan ikan hias yang cukup populer di pasar ikan hias karena pada bagian atas matanya yang terdapat kelir warna merah setengah lingkaran yang membuatnya sangat menarik perhatian. Bentuk tubuhnya kecil dan pipih berwarna keperakan ini berasal dari perairan tawar Amerika Selatan yang sangat cocok di pelihara dalam aquarium dengan dekorasi tanaman air dan bebatuan alam dengan dasar berpasir.

Ikan tetra mata merah (Red eye tetra)
Ikan tetra mata merah

Ikan terbilang pendamai dan seringnya berenang beriringan dengan jenis yang sama, maka saat dimasukan kedalam aquarium sebaiknya dipelihara lebih dari 5 ekor agar ikan ini terlihat aktif.

Dikutip dari situs thesprucepets.com yang sudah diterjemahkan "Ikan tetra mata merah ditemukan di Amerika Selatan di Paraguay, Bolivia timur, Peru timur, dan Brasil barat. Di alam liar, mereka mendiami sungai yang jernih tetapi terkadang dapat ditemukan hidup di vegetasi lebat Amazon yang keruh. Spesimen akuarium kini dibiakkan secara luas di Asia".

Ikan ini seringnya terlihat aktif pada bagian tengah aquarium dan selalu rapat dengan kawanannya yang mana jarang terpisah jauh berdasarkan pengamatan admin yang memeliharanya dengan puluhan ikan hias lainnya dalam aquarium besar ukuran panjang 1 meter dan ikan juga aktif untuk memakan pelet apung berukuran kecil yang disesuaikan dengan bukaan mulut ikan.

Redeye tetra juga terbilang kuat pada kondisi air tertentu karena dihabitat aslinya ikan ini ditemukan dari perairan hutan yang gelap dan suka pada lingkungan yang agak redup, untuk meniru habitat aslinya gunakan substrat berwarna gelap dan tanaman yang rimbun untuk menutupi sisi-sisi aquarium. 

Kemampuannya untuk beradaptasi dengan berbagai kondisi air tersebut membuatnya menjadi pilihan populer para penghobies ikan hias. Secara umum ikan tetra mata merah menjadi pilihan yang menarik bagi banyak penghobies ikan hias, namun popularitasnya dapat berubah seiring waktu.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan September 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan