Kamis, 12 September 2024

Tentang ikan pleco (sapu sapu hias)

Ikan pleco atau sering disebut ikan sapu-sapu pada umumnya memiliki karakter yang tenang dan cenderung pemalu. Ikan hias ini lebih suka menghabiskan waktu di dasar aquarium untuk mencari makanan atau bersembunyi di balik batu, hiasan kayu atau tanaman air hias. Ikan yang diperkenalkan dari Amerika Selatan ini lebih tepatnya berasal dari berbagai sungai di kawasan tersebut salah satunya termasuk dari Sungai Amazon.


Banyak dari jenis ikan pleco lebih aktif di malam hari dan akan keluar dari tempat persembunyian untuk mencari makanan atau saat lampu aquarium dimatikan. Mayoritas ikan pleco adalah pemakan segala namun lebih terlihat sebagai pemakan tumbuhan terutama alga yang tumbuh di permukaan batu dan tanaman hias. Saat dipelihara didalam aquarium misalnya yang terdapat ranting kayu ikan pleco ini hampir tidak terlihat aktifitasnya karena seringkali berada di bawah ranting kayu dengan aktifitasnya yang selalu mencari alga.

Dalam dunia aquascaping ikan jenis sapu-sapu ini adalah termasuk nokturnal dan dikenal sebagai pembersih alami aquarium sehingga efektif dalam mengendalikan pertumbuhan ganggang yang sering menjadi masalah bagi para penghobies untuk merawat aquarium secara alami. Karena kebiasaan makannya ikan pleco sering disebut sebagai "tukang bersih-bersih" dan tentunya sangat membantu dalam menjaga kebersihan dari pertumbuhan alga.

Pleco memiliki banyak sekali jenis dengan bentuk, ukuran dan corak yang berbeda-beda dimulai dari pleco berukuran mini hingga yang bisa tumbuh lebih besar. Kehadiran ikan pleco di dalam aquarium tidak hanya sekadar fungsi tetapi juga estetika tentunya dapat membuat aquarium terlihat lebih hidup dan menarik.

Berdasarkan pengalaman admin kemampuan adaptasinya yang tinggi memungkinkan ikan jenis pleco dapat hidup berdampingan dengan beragam jenis ikan hias lainnya seperti dari jenis synodontis yang memiliki corak seperti membatik dan secara umum bentuk tubuhnya unik dan memiliki karakter yang khas dan sifatnya yang relatif tenang membuat ikan pleco menjadi pilihan populer bagi para penghobies ikan hias di seluruh dunia.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan September 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan