Selasa, 24 September 2024

Maskoki unggulan yang tidak ada di Indonesia

Pada kesempatan ini koh Anthony Saputra dari Jamm Vlog kembali membuat konten bareng bersama om Dani Limas untuk melihat pameran ikan maskoki ( Goldfish) bergengsi di China International Pets Show
untuk menunjukan beberapa ikan maskoki cantik dari segi warna dan ukuran tubuhnya dalam acara kompetisi.

Pameran skala besar yang khusus diadakan untuk industri hewan peliharaan di Tiongkok dan acara ini menjadi wadah bagi para pelaku bisnis di bidang hewan peliharaan seperti produsen makanan hewan dan produk terkait dengan hewan peliharaan termasuk ragam ikan hias yang dipamerkan.

Dalam acara CIPS 2024 di Guangzhou yang ke 28 taraf dunia ini menampilkan ragam jenis ikan maskoki kelas super dan beberapa jenis maskoki ada yang belum hadir di Indonesia seperti yang dijelaskan oleh om Dani.


Menurutnya bahwa ikan maskoki asal breeder China memiliki warna yang amat cerah seperti warna merah yang terlihat lebih pekat dan warna putihnya yang lebih baik yaitu tidak bercampur dengan warna kekuningan.

Iklim di China yang dingin sangat sesuai dengan kondisi dan cocok dengan ragam jenis ikan maskoki yang di breed oleh para breeder di China yang mana sebagian kecilnya tidak ada di Indonesia seperti jenis shubukin, wakin memiliki bentuk seperti ikan komet namun pada bagian ekor terdapat 4 cabang yang menurut keterangan om Dani ikan ini termasuk nenek moyang ikan goldfish, maskoki bubble eye empat mata yang sudah di breed massal dan sudah menjadi genetik, dan bulldog.

Ikan maskoki atau goldfish yang tidak dijual di Indonesia seperti beberapa yang disebutkan diatas bukan berarti tidak ada pasarnya di Indonesia akan tetapi ikan-ikan eksotis tersebut belum ada yang memijahkannya walaupun potensinya yang luas diminati oleh peghobies goldfish di Indonesia.

Sementara untuk jenis bulldog ikan ini sebenarnya sudah pernah ada di Indonesia namun keberadaanya sudah dianggap tidak ada dikarenakan ikan jenis ini tidak berharga dan tidak terjaga secara genetik akan tetapi potensinya dari ikan tersebut tetap ada peminatnya terlihat dari ikan jenis ini masih di pamerkan di acara taraf internasional ini di China.

Sekitar beberapa waktu lalu pernah mengimpor indukan maskoki jenis yang belum ada di Indonesia namun kondisi pada saat itu belum mendukung untuk pemijahan secara intensif yaitu seperti pernah mengalami padam listrik sehingga mengalami kegagalan untuk breed jenis wakin, dan pernah terkena wabah pada indukan ikan untuk di breed di Tulungagung namun alam berkata lain sehingga semua indukan mati yang dibeli dari jauh tersebut mengalami kematian. Untuk kedepannya ia akan kembali mengimpor indukan maskoki-maskoki cantik ini untuk dibreed atau dipijahkan di Indonesia seperti yang dituturkan oleh Om Dani dari Limasfarm.

Semoga infonya bermanfaat.



Lampung September 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan