Sabtu, 01 Juni 2024

Ikan nila putih kemerahan


Nila putih
Nila putih kemerahan

Ikan nila khususnya yang berwarna putih kemerahan adalah jenis ikan nila yang termasuk cepat besar umumnya berwarna dasar putih dan agak merah jambu disertai bercak-bercak hitam. Ikan nila ini juga ada yang berekor panjang atau kumpay/slayer yang biasanya menjadi pajangan di kolam-kolam di dalam pekarangan rumah. Selain untuk hiasan dikolam ikan nila jenis ini biasanya memang untuk dikonsumsi karena memiliki daging yang tebal terutama pada bagian punuk ikan.

Ikan nila ini juga bukan termasuk albino karena matanya tidak berwarna merah, karena pada umumnya ikan albino identik dengan warna merah pada bola matanya. Berdasarkan sepengetahuan admin dikarenakan warna tubuhnya ada unsur kemerahan ikan ini juga sering disebut sebagai nila merah atau nila bangkok karena ada kesamaan dari warna. 

Selain itu, sepintas ikan nila ini juga ada kemiripan dengan nila larasati karena memiliki warna agak kemerahan yang menghiasi tubuhnya. Persamaan warna ini memang menarik yang mana nila larasati juga memiliki pertumbuhan yang cepat, dan dari segi fisik umumnya memiliki gradasi kemerahan juga di bagian punggung dan siripnya kadang terdapat bercak hitam. Meskipun memiliki kesamaan dalam corak kemerahan, nila larasati dinilai lebih mencolok warna merahnya dan memiliki perbedaan seperti asal-usul hingga karakteristiknya.

Pertumbuhan ikan nila terbilang cepat jika diberi pakan secara intensif dan menurut infonya bobotnya bisa mencapai 1 kg sampai 2 kg perekor. Ikan nila yang bisa berpotensi besar ini bisa didapatkan dari pembudidaya di daerah KebumenSubang atau di Sumenep yang mana terkenal dengan nila-nila babonnya. Untuk menghasilkan ikan bertubuh besar ini akan dilakukan pembenihan yang sangat ketat yaitu dengan perkawinan indukan kualitas super yang mana anakannya akan menuruti sifat genetik induknya.

Perlu diketahui juga bahwa dengan teknologi dibidang akuakultur saat ini ikan nila jenis putih kemerahan atau Bangkok sudah bisa dijadikan jantan atau dikenal dengan istilah monosex yang hadir sebagai solusi masalah perikanan. Ikan nila monosex adalah ikan nila yang seluruh populasinya berjenis kelamin jantan yang memiliki keunggulan yaitu tingkat pertumbuhannya yang lebih cepat dan seragam. 

Menurut info dari beberapa artikel perlakuan jantanisasi ini dilakukan saat ikan nila masih berukuran larva yang mana larva diberikan hormon tersebut lewat makanan yang diberikan ataupun dicampur dengan air tempat hidup ikan melalui perendaman.

Jenis ragam ikan nila juga dikenal sebagai omnivora dan mudah untuk beradaptasi dengan berbagai lingkungan air tawar dan memiliki pola makan yang fleksibel yaitu gemar makanan alami seperti daun pepaya jepang, daun singkong dan dedaunan lainnya pada umummnya daun daun tersebut mengandung getah yang menurut para praktisi perikanan dijadikan sebagai makanan tambahan untuk mencukupi nutrisinya. Jadi makanan alami adalah sebagai makanan selingan yang mudah didapat dari alam namun agar pertumbuhannya cepat, dan tentunya diberikan pelet dengan kadar protein 30 persen sudah cukup untuk mempercepat pembesaran ikan nila unggul.

Semoga infonya bermanfaat.


Kuningan Juni 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan