Minggu, 07 Oktober 2012

Produk kerajinan dari limbah yang prospektif

Kerajinan tangan berbahan baku limbah saat ini sudah menjadi tren dan merupakan peluang bisnis menguntungkan, bagaimana tidak.. dengan bahan baku yang murah usaha ini terus berkembang apalagi bisa diterima oleh pasar nasional dan internasional. Barang bekas yang sudah di modifikasi dengan kreatifitas tinggi ini memberi nilai tambah tersendiri bahkan siapa saja akan tertarik untuk memilikinya sebagai contoh dalam membuat bingkai foto, souvenir, bahkan tas-tas cantik yang bisa dipakai oleh kaum wanita berjiwa fashion. Tentunya barang-barang bekas (limbah) ini akan bernilai tinggi jika disulap dengan kreatifitas yang memadai.


Biasanya bahan baku barang bekas yang digunakan oleh perajin kreatif ini adalah seperti limbah kertas, karton, kayu, dan plastik (botol). Semua bahan baku tersebut akan di poles sedemikian rupa sehingga memiliki nilai seni dan terlihat unik serta menimbulkan daya tarik tersendiri. Bahkan usaha kerajinan limbah ini cocok sekali untuk usaha rumahan atau skala usaha kecil.

Kisah Sukses XS Project (Produsen Limbah Plastik) 
Menurut pelaku usaha yang sudah berkecimpung di produk limbah ini sejak tahun 2004, yaitu Ann Marie Wizer. Ann adalah seorang wanita kelahiran Washington yang tinggal di Indonesia, ia mendirikan sebuah yayasan XS project yang bertujuan bergerak di bidang sosial untuk membantu mengangkat harkat dan martabat orang miskin dan pemulung-pemulung di Kota Jakarta. Ann memperdayakan mereka agar bisa mandiri, lalu mereka diajarkan cara membuat tas dan produk kerajinan dari bahan limbah plastik.

Untuk merealisasikan usaha sosial tersebut Ann membeli 5 mesin jahit dan limbah plastik. Limbah  yang di gunakan adalah plastik detergen, plastik pasta gigi. Sementara bahan pendukung buatan pabrikan yang harus di beli adalah benang, jarum, dan resleting. Usaha ini di awali dari rumah sebagai tempat produksi, dan pada tahun 2007 ia menyewa sebuah lahan di kawasan Cipete Utara, Jakarta Selatan dengan luas 50 meter persegi, sekaligus fasilitas menginap para pekerja.

Produk Limbah plastik jadi XS Project (http://jakartadailyphoto.com)
 Contoh produk limbah yang telah dihasilkan XS Project antara lain :
-Cut bag ukuran kecil, sedang, dan besar
-Tong sampah jenis trash bin
-Wadah penyimpan alat tulis kantor
-Junk food (untuk menaruh tempat makanan).
-Dompet.

Dengan ide yang kreatif kini barang bekas yang sudah di sulap menjadi barang jadi dan unik ini sudah bisa menembus pasar menengah keatas dengan harga yang fantastis. Bahkan menurut pantauan tabloid peluang usaha tahun 2007 omset XS Project bisa tembus puluhan juta rupiah perbulannya.

Artikel lainya :
-Agar blog lebih teroptimasi search engine
-Belajar mencari keyword itu penting
-Contoh iklan banner Buzzcity
-Fungsi backlink dan manfaatnya untuk blog
-Fungsi hosting
-Hitungan histats berbeda
-Keajaiban sedekah dan kisahnya
-Keuntungan berbagi file di tusfile
-Keuntungan tombol google plus
-Keuntungan pasang iklan di internet
-Mengoptimalkan seo wapsite
-Pentingnya penerapan keyword judul postingan blog
-Prospek bisnis perikanan konsumsi
-Situs download hp paling lengkap 
-Situs wapsite yang bisa di monetasikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

situs 3gp

Blog list