Kamis, 08 Agustus 2024

Ikan maskoki limasfarm di galeri Rumah Mayin

Review video youtube kali ini adalah tentang ikan maskoki berkualitas dari Limasfarm kini hadir di Galeri Rumah Mayin. Bagi para penghobies ikan maskoki, nama Limasfarm sudah tidak asing lagi sebagai salah satu peternak ikan maskoki terbaik di Indonesia. Dengan seleksi ketat dan perawatan yang optimal, ikan-ikan maskoki dari Limasfarm dikenal memiliki warna cemerlang dan bentuk tubuh proporsional. Vlog video diupload oleh channel youtube Rumah Mayin pada tanggal 31 Juli 2024 dengan judul HARGA SPECIAL GOLDFISH LIMAS FARM, DIJAMIN !!!

Dalam kesempatan ini Om Dani limas selaku pemilik Limasfarm melakukan sesi tanya jawab dengan team galeri Mayin untuk menjelaskan hal yang berkaitan dengan ikan maskoki berikut cara perawatan. Beberapa ragam jenis ikan maskoki unggulan seperti ryukin dan tamasaba yang terlihat eksotis paduan warnanya, dimana ikan-ikan maskoki berukuran besar ini akan dijual galeri Rumah Mayin dengan harga yang terbilang terjangkau. 

Maskoki tamasaba yang ada kemiripan dengan maskoki ryukin yang berekor tunggal screenshot channel youtube Rumah Mayin

Om Dani Limas juga menjelaskan ikan maskoki tamasaba yang menurutnya adalah ikan maskoki juga yang berasal dari Jepang, dan ikan ini merupakan tankmate ikan koi. Ciri ikan tamasaba ada kemiripan dengan ikan koi dan berwarna cemerlang seperti warna merah dan putih. 

Ikan tamasaba asal jepang ini dari ikan persilangan atau crossbreed dan lebih mengarah pada ikan maskoki jenis ryukin, dan banyak yang berpendapat ikan tamasaba adalah ikan ryukin berekor satu atau tunggal, namun menurut Om Dani Limas ikan tamasaba ada strain tersendiri maka menurut admin ikan ini berbeda dengan jenis ryukin yang mana memiliki ekor bercabang walaupun ada kemiripan dari bentuk tubuh. 

Dikutip dari situs nextdaykoi.com ikan tamasaba atau sebutannya sabao dari artikelnya yang sudah diterjemahkan bahwa Sabao adalah persilangan antara Syounia berekor tunggal dan Ryukin berekor ganda. Ekor tunggal Syounia diwarisi sedangkan konformasi tubuhnya, meski tidak sedalam itu, lebih mirip dengan Ryukin. Sabao digambarkan tampak seperti “ikan mas yang montok.”

Maskoki tamasaba juga identik dengan sebuah daerah di Jepang bagian utara yaitu berasal dari daerah Yamagata. Oleh karena itu ikan ini juga dikenal dengan sebutan Yamagata Kingyo yang berarti "Ikan Mas dari Yamagata". Sebutan khusus ini mencerminkan keindahan dan keunikannya yang berasal dari daerah istimewa di Jepang. 

Dalam perawatan ikan maskoki di dalam aquarium jika dipelihara dengan baik, ikan ini bisa hidup sampai bertahun-tahun sekitar 3 hingga 5 tahunan, dan perlu diketahui juga ikan yang dipelihara seperti di Indonesia yang tropis ikan maskoki bisa tumbuh optimal dibanding di negara asalnya seperti yang dikatakan Om Dani. 

Salah satu pendukung treatment air pada pemeliharaan ikan maskoki adalah menggunakan water stabilizer dari produk Mayin yang menurut Om Dani water stabilizer tersebut sudah terbukti kualitasnya untuk kesehatan ikan-ikan maskoki di aquarium terutama saat diekspor ke beberapa negara yang mana dalam pengirimannya ikan-ikan maskoki hidup sampai negara tujuan. 

Ilmu aklimasi pada ikan maskoki yang dilakukan oleh Om Dani adalah saat akan memasukan ikan maskoki yang baru dibeli menggunakan kemasan plastik kedalam aquarium adalah minimal menunggu 30 menit, kemasan plastik itu dibiarkan mengapung di permukaan air sampai suhu air menyamai dengan air di aquarium lalu ikan baru bisa dimasukan seperti yang terlihat dalam vlog video. Cara ini sudah umum dilakukan oleh praktisi dan penghobies ikan hias yang sudah mengetahui tata cara memasukan ikan baru ke dalam aquarium yang bermanfaat agar ikan tidak mudah stres. 

Semoga infonya bermanfaat 


Kuningan Agustus 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan