Rabu, 14 Agustus 2024

Produksi ribuan lobster air tawar di Boyolali

Review video youtube kali ini adalah membahas tentang budidaya lobster air tawar dengan modal awal yang terjangkau dan bisa dikembangkan lagi. Pemilik Inaya Farm menjelaskan bahwa pakan untuk lobster hanya membutuhkan biaya sekitar 50 ribu rupiah. Dalam vlog video ini juga memberikan tips tentang cara merawat lobster air tawar seperti menjaga kebersihan air, memberikan pakan yang cukup, dan menghindari stress pada lobster. Video diupload di youtube oleh channnel Gemma Farm pada tanggal 24 April 2024 dengan judul Produksi 5 Ribu Lobster Perbulan, Pakan Hanya 50 Ribu ??.


Lobster air tawar dengan permintaan pasar yang stabil  menawarkan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Tak hanya menguntungkan, kegiatan budidaya ini juga dapat menjadi hobi yang menyenangkan dan bermanfaat yang mana bisa memulai usaha ini di lahan yang terbatas bahkan di pekarangan rumah sekalipun, seperti usaha budidaya lobster air tawar Inaya lobster farm yang berada di Boyolali ini bisa menjadi inspirasi karena akan membagikan tips dari budidaya lobster yang terbilang irit dalam hal pakan

Beberapa bak-bak beton yang berjejer rapi di area farm merupakan rumah bagi lobster air tawar, di dalam bak-bak tersebut lobster-lobster ini hidup bebas berkeliaran di antara pralon dan genteng yang sengaja disediakan sebagai tempat persembunyian. Suasana bak berair tidak terlalu dalam tersebut membuat lobster air tawar tumbuh sehat dan berkembang biak.

Berdasarkan dari vlog video membudidayakan lobster dimulai pada tahun 2009, saat melihat kakaknya memelihara lobster air tawar dan mulai mengamati bagaimana proses mengawinkan dan cara hidup lobster sampai  memasarkan hasil panennya. Menurutnya bahwa salah satu pilihan lobster yang banyak di jadikan konsumsi adalah dari jenis red claw atau capit merah, selain menjadi konsumsi ia juga mengirin ke toko-toko aquarium terdekat di daerahnya sebagai lobster tawar hias.

Mengenai pengelolaan lobster di tempatnya ada tempat pembenihan, pembesaran anakan lobster sampai menjadi indukan lagi. Menurutnya untuk pemeliharan lobster air tawar terbilang hewan air yang kuat jika sistem sirkulasi kebersihan airnya dikelola dengan baik

Mengenai pakan dari jenis sayuran ilmu dari sekolah dasar menginspirasi bagaimana cara memproses toge yang mana toge merupakan pakan yang amat bermanfaat untuk perkembangan dan pertumbuhan lobster air tawar. Untuk memperoleh toge didapat dari perendamaan kacang hijau pada wadah-wadah plastik dan disimpan ditempat gelap, dalam waktu 2 hari akan menjadi toge segar sebagai makanan.

Pemeliharaan lobster dalam terpal bak beton yang sudah dibentuk kolam akan digunakan untuk indukan, dan selagi indukan berada ditempat pemeliharaan perlu perawatan yang benar-benar membuat nyaman seperti lobster akan memakan makanan yang diberikan dengan rakus. Perlu diketahui juga bahwa lobster air tawar ini seringkali naik ke atas jika ada selang aerator yang menjuntai, jadi diperlukan penutup agar lobster tersebut tidak keluar dari kolam pemeliharaan.

Berdasarkan lika-liku pengalamannya pada tahun 2009 saat sudah terjun usaha lobster air tawar hal yang menantang setelah berhasil manajemen budidayanya adalah dalam hal pemasaran, pada saat itu juga belum mengerti bagaimana cara packing hasil panen dan media komunikasi seperti periklanan online belum secanggih saat ini. 
Hasil dari panennya juga pernah ditolak saat akan menjual karena sudah ada yang memasok, maka lobster-lobster air tawar hasil dari budidaya tersebut dikonsumsi sendiri.

Ada tips menarik yang bisa meginspirasi yaitu untuk budidaya lobster sebagai usaha dibidang perikanan yaitu diperlukan kesabaran, seperti yang dilakukan Mas Wahyu Kurnianto jika memelihara lobster tidak usah memandang hasilnya dulu dan saat harga lobster mengalami penurunan tetap dipelihara, dan pada waktunya juga akan ada penghasilan yang terbilang lumayan. 

Untuk pemasaran saat ini yang mana media internet sudah lebih canggih dan maju seperti untuk mengiklankannya yang nantinya akan ada saja yang membutuhkan untuk konsumsi atau bibit. Menurutnya juga terkadang usaha itu turun naik dan namun ia menyarankan agar selalu tetap semangat dalam memelihara lobster air tawar dengan intensif.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan Agustus 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan