Senin, 26 Agustus 2024

Penampung lobster air tawar kapasitas besar

Peternakan lobster air tawar di Indonesia berhasil menembus pasar internasional. Keberhasilan ini tidak hanya membuktikan kualitas unggul produk perikanan dalam negeri tetapi juga membuka peluang besar bagi pengembangan sektor perikanan, khususnya budidaya lobster air tawar.

Lobster air tawar semakin dilirik sebagai komoditas unggulan yang memiliki potensi ekonomi yang sangat besar kedepannya. Dengan adanya permintaan pasar budidaya lobster air tawar menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi para pelaku usaha perikanan.

Meskipun demikian perjalanan menuju kesuksesan ini tidaklah mudah tantangan seperti fluktuasi harga pasar, persaingan bisnis, serta regulasi yang kompleks harus dihadapi. Namun, dengan dukungan pemerintah dan inovasi teknologi, peternakan lobster air tawar di Nusantara terus berupaya meningkatkan kualitas produk dan memperluas pasar ekspor.

Ekspor lobster air tawar yang tembus k mancanegara menjadi bukti bahwa produk perikanan Indonesia mampu bersaing di pasar global. Namun di balik kesuksesan ini terdapat sejumlah tantangan yang harus dihadapi mulai dari regulasi hingga persaingan pasar.

Dalam kesempatan ini Cuncun setiawan seorang praktisi lobster air tawar yang juga merupakan seorang yang menjadi pionir lobster air tawar di Indonesia berkesempatan datang ke penampungan lobster air tawar dan laut yang berlokasi di daerah Cikupa. Menurut info dalam vlog video bahwa Pak Anto adalah merupakan pemilik dari JBL Farm dan salah satu pengepul lobster air tawar terbesar di Indonesia.

Terlihat dalam video beberapa kolam penampungan untuk lobster air tawar  lengkap dengan sistem sirkulasi air dan udara yang mana mumpuni untuk menampung dan wadah sterefoam berwarna putih untuk pengiriman ke berbagai daerah dalam keadaan hidup aatau frozen.

Pada sesi tanya jawab di vlog video menurut infonya bahwa sebelumnya ia adalah penampung dan suplier lobster air laut dan ikan laut yang kemudian merambah lobster air tawar yang mana peluang pasarnya sangat bagus terutama untuk negara China dan Korea. Seperti Ekspor ke Korea menurut penuturannya sempat mengirim lobster air tawar frozen ukuran besar dalam jumlah banyak yaitu sekitar 2 kontainer.

Menurut pendapat Pak Anto mengapa ia memilih lobster air tawar karena hewan air tawar ini lebih mudah perawatannya dan tidak pelik seperti lobster air laut yang mana banyak menggunakan filter serta peralatannya lebih banyak. Mengenai prospek pemasaran dari lobster air tawar kedepannya adalah terbilang bagus karena hargaynya lebih murah.

Berdasarkan pengalamannya untuk memasarkan lobster air tawar pertama kali yang dilakukan adalah dengan melakukan penawaran ke konsumen yang pada dasarnya juga Pak Anto mahir dalam hal pemasaran sebagai salesman, dan marketing memang sudah bidangnya dari sejak lama.

Sementara selain mengekspor aneka jenis lobster air tawar atau laut ia juga mensuplai pada suplier lain yang akan mengirim ke restoran dan hotel di beberapa daerah seperti Bali dan Jabodetabek, dan ia juga membuka restoran yang mana terdapat menu olahan masakan lobster air tawar seperti baso lobster. 

Semoga infonya bermanfaat.


Kuningan Agustus 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan