Rabu, 21 Agustus 2024

Tentang lobster air tawar dan ragam jenisnya

Lobster pada umumnya dikenal sebagai penghuni perairan laut yang ternyata memiliki kerabat dekat dengan lobster yang hidup di air tawar. Lobster air tawar ini tidak hanya menarik perhatian para pecinta kuliner, tetapi juga menjadi di kalangan penggemar aquarium.

Selama ini lobster mungkin lebih identik dengan hidangan mewah di restoran-restoran kelas atas karena hidangan olahan udang-udangan identik dengan harga yang cukup tinggi, namun beberapa jenis lobster air tawar juga memiliki cita rasa yang lezat dan tekstur daging yang lembut seperti dari jenis Red Claw atau si Capit merah yang sudah dibudidayakan di Indonesia. Lobster air tawar tertentu telah dibudidayakan secara khusus untuk konsumsi dan bahkan telah menjadi bagian dari menu di berbagai negara seperti di Amerika yang mana ada beberapa restoran yang menyajikannya seperti yang di infokan oleh channel youtube VOA Indonesia.


Selain sebagai sumber protein hewani, lobster air tawar juga memiliki peran penting dalam dunia aquarium. Dengan bentuk tubuh yang eksotis dan warna-warni yang cantik, lobster air tawar menjadi pusat perhatian di dalam aquarium penghobies ikan hias sebagai pelengkap aneka satwa. Beberapa jenis lobster air tawar bahkan memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi terhadap berbagai kondisi air, sehingga perawatannya pun relatif mudah.

Banyak keuntungan dalam budidaya lobster air tawar yang perlu diketahui yaitu bisa dibudidayakan dan pemeliharaan yang relatif mudah namun perlu perhatian intensif pemeliharanya agar bisa meminimalisir kematian pada lobster. Fleksibilitas dalam budidaya lobster air tawar memungkinkan untuk berbagai metode dan lingkungan budidaya yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan.

Lobster air tawar dapat tumbuh dengan baik dalam sistem akuakultur yang berbeda seperti kolam, tambak, atau bahkan sistem tertutup. Selain itu, memiliki adaptasi yang baik terhadap perubahan lingkungan, sehingga bisa diatur suhu air, kadar oksigen dan kualitas air lainnya untuk memastikan kondisi optimal sehingga dapat mengoptimalkan produksi lobster air tawar dengan cara yang paling efisien dan berkelanjutan.

Mengusahakan peluang dari Lobster air tawar adalah pilihan yang cerdas dan menguntungkan untuk usaha budidaya perairan. Inilah alasan kenapa memilih budidaya lobster air tawar seperti biaya produksi yang lebih rendah dan permintaan pasar yang terbilang tinggi baik untuk konsumsi atau hiasan di aquarium. Beberapa lobster air tawar yang sudah diketahui cukup beragam dari jenis-jenisnya diberbagai perairan tawar yang ada di seluruh penjuru di tiap negara yang bisa admin tulis seperti:

Lobster marron tepatnya berasal dari bagian barat Australia. Saat ini, lobster marron sudah mulai menyebar ke selatan terutama di pulau Kanguru. Pada dasarnya lobster air tawar marron lebih cocok dibudidayakan di daerah subtropis, karena memang asalnya dari Australia yang memiliki iklim subtropis. Di Australia, marron bisa dibudidayakan secara semi-intensif dengan kolam buatan dan bisa tumbuh besar hingga mencapai berat 500-2000 gram lobster yang panjangnya bisa mencapai 38 cm.

Lobster Procambarus clarkii berasal dari Amerika bagian selatan terutama Louisiana dan Texas. Lobster jenis ini juga dikenal sebagai Louisiana Crawfish atau Red Swamp Crayfish. Umum nya jenis lobster ini berwarna merah terang dengan beberapa bintik-bintik hitam atau coklat.

Lobster red claw atau sebutannya si capit merah adalah jenis lobster air tawar yang sedang marak dibudidayakan, jenis lobster tersebut sangat mudah dipelihara karena mempunyai siklus yang sederhana dan hidupnya di habitat asli seperti sungai, rawa dan danau. Selain mudah dibudidayakan karena baik pembiakan dan pakannya yang cukup mudah.

Lobster Yabbie termasuk jenis omnivora, walaupun lobster ini memiliki kecenderungan menyukai makanan yang berasal dari tumbuhan, seperti daun dan ranting pohon yang jatuh ke perairan. Lobster air tawar yabbie biasanya dibudidayakan dengan memanfaatkan air dibendungan-bendungan atau dam. Kebiasaan lain dari yabbie adalah mampu membuat tempat perlindungan dengan cara menggali lubang di dasar perairan hingga kedalaman 2 meter. Sering kali, hal ini menjadi faktor yang mempersulit pembudidaya, terutama yang menggunakan kolam tanah.

Semoga infonya bermanfaat.




Kuningan Agustus 2024

Sumber info akun twitter  indo lobster 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan