Minggu, 17 Februari 2013

Kiat mempercepat tumbuh benih Gurame.


Artikel berikut adalah tentang cara dan kiat mujarab untuk memacu pertumbuah ikan Gurame, dimana artikel ini berdasarkan sumber dari team jurnalis majalah trobos. Dengan cara yang intensif pemeliharaan benih yang didederkan tidak memakan waktu yang lama sehingga lebih efektif  waktu bagi para pembudidaya. Berikut adalah cara agar pendederan gurame dapat mencapai hasil yang optimal :


Kolam
1. Gurame adalah ikan yang mempunyai habitat alami di sungai, danau dan rawa. Dengan demikian usahakan kolam pemeliharaan memiliki suhu 27-30 derajat celcius dengan pH 7-8.
2. Usahakan kolam yang digunakan adalah kolam tanah karena ikan ini cenderung menyukai pakan alami yang ada dalam tanah.
3. Sebelum ditanam benih gurame usahakan kolam tanah disuburkan dahulu untuk menumbuhkan pakan alami, yaitu dengan melakukan pengapuran dengan dosis 100-200 gram/ meter persegi dan pemupukan dengan pupuk kandang 500-1000 gram/meter persegi.
4.Pengairan kolam dilakukan sampai ketinggian 50-60 cm.
5. Dasar kolam dibuat tidak terlalu berlumpur.
6. Pemasukan air di kolam memiliki debit sekitar 1 liter/ detik (untuk luasan kolam 100 meter persegi).

Penanganan benih
1. Sebelum benih di tebar dalam kolam, pilihlah benih yang sehat dengan ciri sehat dan lincah dan warnanya tidak terlalu hitam.
2. Ada baiknya untuk pengangkutan benih (jika beli) dilakukan pada sore hari dan wadah angkut yang digunakan berupa drum dengan posisi ditidurkan (diisi setengah dari volume). Jumlah benih dalam tiap drum berkisar antara 10-15 kg.
3. Jumlah benih yang di tebar berkisar antara 10-20 ekor/ meter persegi dengan bobot rata-rata per ekornya 50-75 gram.

Pakan
1. Pakan yang diberikan adalah terdiri dari pakan hijauan dan buatan, untuk pakan buatan gunakan yang apung dengan jumlah pemberian 3% berat populasi ikan dengan frekuensi 2 kali sehari pagi jam 6 pagi dan 17.00 (sore hari). Untuk pakan hijauan yang dapat di gunakan adalah daun talas (sente), Azolla, dan daun mata lele. Jumlah pemberian pakan sekitar 5% dari jumlah populasi dan frekuensinya juga 2 kali sehari.

Dengan cara diatas panen benih gurame tersebut dapat dipercepat sehingga dapat mencapai bobot 200 sampai 300 gram per ekor dalam jangka waktu pemeliharaan 3 bulan.

Artikel seputar ikan gurame :
1. Penetasan telur ikan gurame di bak plastik
2. Pijahkan gurame ala Pepen Efendy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

situs 3gp

Blog list