Rabu, 22 Mei 2024

Pantai Wakatobi yang eksotis

Artikel kali ini adalah tentang ragam pesona dan ikan hias yang berada di kawasan Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Tenggara yang mana banyak menyimpan kekayaan laut yang menghuni di sekitar pantai dan keindahan biota lautnya yang mempesona. Wakatobi yang juga berarti dari akronim nama dari empat pulau di  Sulawesi tenggara yaitu Pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko.

Keindahan pantai Wakatobi juga digambarkan pada uang pecahan Rp.10.000 yang beredar dari tahun 2016 sampai 2022, dan pada cetakan tahun 2022 akan terlihat gambar dimana keindahan alam Taman Nasional Wakatobi berada pada bagian belakang yang mengambarkan penyelam sedang berada diantara biota laut yang dicetak oleh Peruri.



Di pantai wisata bahari ini kita dapat menemukan berbagai jenis-jenis ikan hias laut eksotis seperti ikan penghuni sekitar terumbu karang seperti ikan anemon (nemo), butterflyfish, angelfish, baronang dan ikan lainnya yang berwarna warni. Kejernihan air di perairan laut dangkal Wakatobi membuat para pengunjung dapat melihat ragam biota bawah laut yang luar biasa dan terdapat 50 titik lokasi tempat yang sempurna untuk snorkeling atau scuba diving.

Menurut situs indonesiabaik.id pantai berair jernih ini dikenal sebagai "Surga Nyata Bawah Laut di Pusat Segitiga Karang Dunia", yang menawarkan pesona bawah laut sehingga dapat memikat para pecinta alam dan petualang dari seluruh penjuru dunia. Dikutip dari situs Kemlu.go.id terdapat 750 dari 850 spesies karang di dunia dapat ditemukan di laut Wakatobi. Hal tersebut menjadikan Wakatobi sebagai spot favorit para penyelam.

Para pengunjung juga dapat menyelam di antara terumbu karang yang penuh warna dikelilingi oleh ikan-ikan tropis yang eksotis dan bisa merasakan sensasi berenang bersama penyu berukuran besar (green tutrle) di dihabitat alaminya yang terbentang luas yang terhiasi dengan ragam jenis terumbu karang yang beraneka warna dan melihat pemandangan ragam jenis ikan laut yang memikat.

Hal menarik lainnya tentang wisata laut Wakatobi adalah menurut Channel Youtube ShinePedia bahwa penyelam andal Suku Bajo Mantigola bisa menyelam di sekitar perairan laut untuk menangkap atau berburu ikan sekitar 13 menit lamanya tanpa alat bantu selam yang mana bagi para penyelam bisa menemui aktivitas mereka di pantai berair laut jernih biru ini. Perlu diketahui juga berdasarkan info dari channel youtube Doczon keahlian suku Bajo dalam penyelaman ini juga mengisnpirasi film Avatar dengan judul the way of water.

Dengan demikian pantai Wakatobi adalah tempat yang indah sebagai salah satu destinasi wisata istimewa perairan pesisir pantai di alam Indonesia dan tempat yang cocok untuk terhubung dengan alam pesisir yang indah. Kondisi pasir putihnya yang halus dan air birunya yang jernih menjadikan tempat ini sangat yang ideal untuk para wisatawan untuk bersantai dan melihat ragam budaya lokalnya yang unik.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan Mei 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan