Kamis, 23 Mei 2024

Bibis pakan lele pakai produk GDM probiotik

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang populer di Indonesia. Rasanya yang lezat saat sudah di masak dan harganya yang relatif terjangkau menjadikannya pilihan favorit banyak orang. Hal ini membuka peluang bisnis yang menjanjikan bagi siapapun yang ingin terjun di bidang budidaya lele.

Permintaan lele dipasaran termasuk tinggi dan stabil membuat lele untuk konsumsi mudah dijual dipasar lokal atau langsung dijual pada antar rumah seperti tetangga yang berminat pada ikan lele hasil budidaya sendiri. Keunggulan Lele yang dibudidayakan adalah dapat tumbuh dengan cepat sehingga panen dapat dilakukan dalam waktu singkat dan tentunya dipelihara dalam lingkungan yang bersih sehingga aman untuk dikonsumsi.

Keberadaan rumah makan tenda pecel lele yang sekarang ada di berbagai daerah menjadi bukti nyata tingginya minat masyarakat terhadap lele. Lele telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kuliner di Indonesia dan diperkirakan akan terus digemari sampai sekarang.

Pembesaran lele Probiotik

Salah satu peternak ikan lele yang mana melakukan pembesarannya di ruang yang terbatas dan terbilang sangat sederhana yaitu memakai wadah ember dan dalam pemberian pakannya selalu melakukan bibis pakan terlebih dahulu dan menggunakan cairan probiotik sebagai campuran pada pakan. 

Seperti yang dilakukan oleh pemilik akun Lele Borneo di snack video yang mana sudah membudidayakan dan pembesaran lele dalam ember berkapasitas 80 liter berukuran besar. Dalam satu wadah ember diisi sekitar dapat diisi padat tebar 200 ekor lele. Lele yang dimasukan adalah lele yang sudah bebas sortir sekitar berukuran 9 cm.

Salah satu rahasianya adalah ia mengunakan pelet pakan lele dari pabrikan berkualitas tinggi yang kemudian dicampurkan dengan produk probiotik dari merek GDM untuk fermentasi singkat. Cara pakainya cukup mudah yaitu pelet-pelet yang sudah sesuai takaran 1 tutup botol untuk 1 kg pakan. Agar merata cairan probiotik dalam satu tutup botol dicampurkan pada air sekitar seperempat botol air mineral kecil dan siramkan langsung pada takaran pelet dan aduk hingga benar-benar merata, lalu diamkan beberapa saat agar  permukaan pada pelet kering sehingga cairan dalam probiotik itu bekerja aktif pada pelet yang sudah dibibis. 


Proses bibis pakan lele pakai probiotik gdm
Proses bibis pakan lele pakai probiotik 
Screenshot akun snack video lele borneo

Tampak dalam video lele-lele yang berada diember yang sudah dipelihara tampak sehat dan nafsu makannya tinggi. Ember berisi ratusan lele ini tidak menggunakan aerasi hanya mengandalkan air selama pemeliharan dan probiotik. Salah satu keunggulan Probiotik adalah dapat membantu memecah bahan organik di air pada kolam ternak sehingga kualitas air kolam menjadi lebih baik. Hal ini dapat membantu mencegah penyakit pada peternakan dan meningkatkan kesehatan ikan.

GDM 1 liter Bio Organic Liquid
GDM 1 liter Bio Organic Liquid

Produk yang dipakai GDM Bio Organic Liquid merupakan probiotik vitamin untuk budidaya perikanan konsumsi. Kandungan pada produk ini terdapat 4 bakteri menguntungkan seperti :

- Bacillus mycoides yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri patogen dan fungi.

- Bacillus pumillus yang dapat berfungsi untuk menurunkan kadar amonia dari sisa kotoran ternak juga memproduksi enzim untuk mencegah perkembangan penyakit pada ternak atau ikan.

- Bacillus brevis Penghasil enzim tyrocidine untuk membentuk antibodi/ kekebalan tubuh Mengurangi fosfat sehingga kaya akan fosfat organik

-Pseudomonas alcaligenes yang merupakan agen bioremediasi lingkungan perairan serta meningkatkan jumlah keanekaragaman plankton yang bermanfaat untuk ternak.

Penggunaan probiotik pada bibis pakan lele menawarkan banyak keuntungan bagi peternak lele seperti meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan ikan lele juga menjaga kualitas air dan ramah lingkungan. Oleh karena itu penggunaan probiotik sangat direkomendasikan bagi peternak lele yang ingin meningkatkan keuntungan dan hasil panen optimal salah satunya adalah produk dari GDM.

Budidaya lele yang dilakukan oleh akun Lele Borneo ini terbilang sangat sederhana sekali dan dapat dilakukan dalam ruang yang tidak terlalu besar namun bisa melakukan panen seperti yang dilakukan pada kolam-kolam. Menurut admin budidaya pembesaran lele menggunakan ember dan probiotik ini merupakan peluang usaha yang termasuk minim modal.

Semoga infonya bermanfaat.


Kuningan Mei 2024


Artikel terkait

Tentang Produk pupuk organik GDM Harga pro Rakyat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan