Sabtu, 25 Mei 2024

Ikan pemakan alga aquascape

Ikan pemakan alga dapat membantu menjaga aquarium tetap bersih dan sehat dengan memakan alga yang tumbuh di tanaman air atau tempat permukaan lainnya. Sekumpulan alga yang berlebihan dapat merusak keindahan aquarium itu sendiri maka perlu ikan pemakan alga yang akan membersihkannya secara rutin.

Salah satunya adalah Ikan Flying Fox (epalzeorhynchos kalopteros) si cantik yang tak hanya memikat mata dengan corak warnanya yang menawan tapi juga berperan penting dalam menjaga kebersihan terhadap ganggang hijau. Ikan ini memiliki sirip punggung yang tinggi dan tubuh yang ramping dengan warna dasar agak kecoklatan dan garis hitam di sepanjang tubuhnya. 

Ikan flying fox screenshot akun instagram bppsdm_kp

Menurut info bahwa ikan flying fox atau ikan susur batang ini asli dari perairan Indonesia dan bisa ditemukan di beberapa daerah seperti perairan air tawar pulau Kalimantan dan Sumatra walaupun beberapa jenisnya berada beberapa negara lain seperti di Semenanjung Malaysia dan Thailand. Biasanya sekumpulan ikan akan terlihat pada bantaran sungai didekat dasar dan terdapat air yang mengalir.

Menurut situs aquatic aquariadise.com sebagian besar ikan yang dapat ditemukan untuk dijual di toko ikan hias adalah ikan yang sudah dibudidayakan secara komersial dan bukan hasil tangkapan di alam liar, meskipun jenis ikan ini tidak dianggap terancam punah di alamnya. 

Juga ikan ini hampir ada kesamaan dengan ikan siam alga eater SAE (Crossocheilus oblongus) bisa dilihat dari perbedaan ukuran tubuhnya dan yang paling mencolok adalah dari warna siripnya, yaitu jika flying fox terdapat sirip yang berwarna agak hitam kecoklatan tidak bening dan siam alga eater terlihat memiliki sirip yang bening, dan dua jenis ikan ini adalah pemakan alga yang dapat diandalkan untuk kebersihan aquarium.

Ikan pemakan alga andal terbaik untuk aquascape
Ikan pemakan alga berukuran 8-12 cm
screenshot akun youtube Pak ges

Menurut channel Youtube pak ges ikan jenis ini termasuk pemakan lumut yang hebat nafsu makannya besar terhadap lumut atau alga sehingga mereka dapat membantu menjaga aquarium tetap bersih dan terhindar dari pertumbuhan lumut yang berlebihan, seperti penuturannya keramba yang sebelumnya banyak ditumbuhi lumut dalam beberapa waktu singkat habis dan bersih pada permukaan jaring keramba.

Menurut admin dari sekian banyak ikan hias air tawar yang populer ikan Flying Fox  atau siam alga eater atau sebutannya selimang oleh sebagian orang, masih tergolong belum terlalu dikenal oleh penghobi ikan hias pemula, namun bagi kalangan aquascaper ikan ini cukup populer sebagai penghias aquarium aquscapenya. 

Ikan ini kadang dapat agresif terhadap ikan lain saat dipelihara dalam aquarium karena termasuk teritorial juga terutama pada jenisnya sendiri khususnya flying fox. Walaupun keduanya dikenal sebagai pemakan alga dialam liarnya ikan ini juga diketahui memakan krustasea kecil, serangga dan larva serangga jadi masih termasuk omnivora.

Ikan alga eater ini memiliki potensi besar di dalam aquarium karena kemampuannya dalam membersihkan alga serta penampilannya yang menarik dapat menjadi pilihan ideal bagi para penghobi yang menginginkan aquarium yang bisa terbebas dari alga karena menjadi makanan favoritnya.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan Mei 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan