Senin, 20 Mei 2024

Eksportir dan breeder ikan hias

Indonesia sebagai negara kepulauan dengan kekayaan perairannya yang luar biasa memiliki potensi besar dalam industri ikan hias yaitu melakukan ekspor ikan hias dari Indonesia. Industri ikan hias yang juga salah satu pendukung ekonomi biru ini ada hubungan yang erat dan penting antara eksportir ikan hias dan peternak atau breeder ikan hias

Di balik gemerlapnya aquarium yang penuh ikan hias dengan ragam warna terdapat kisah inspiratif dari para eksportir ikan hias di Indonesia. Para eksportir secara profesional akan menerapkan peraturan yang berlaku untuk menangani pengiriman ragam ikan hias melalui beberapa tahap proses pengiriman ragam jenis ikan.

Ikan hias molly platinum
Ikan hias molly platinum
Screenshot akun snack video mollyjaya.id 

Puluhan deretan aquarium besar tertata rapi akan tampak seperti galeri seni dari kumpulam ikan-ikan hias eksotis yang berasal dari berbagai penjuru nusantara yang berenang dengan cantik memperlihatkan pesonanya yang anggun. 

Sementara ditempat lain para pekerja yang sudah berpengalaman akan memeriksa sejumlah kemasan plastik ukuran besar berisi ikan yang datang dari suplier dan menghitung ikan-ikan atau sortir dalam sebuah wadah baskom plastik dengan detail seperti ikan neon tetra, molly, guppy dan discus dan lainnya yang akan siap dikirim. Inilah pemandangan yang terlihat saat mengunjungi aktifitas ditempat eksportir ikan hias saat melihat beberapa videonya di situs Youtube.

Menghitung ikan hias untuk ekspor
Screenshot Channel Youtube Seputar Ikan Hias

Ikan-ikan hias ini berasal dari hasil budidaya lokal yang dilakukan oleh para peternak ikan hias beberapa daerah di Indonesia. lebih dari sekedar usaha atau bisnis bagi para peternak dalam membudidayakan ikan hias yang juga merupakan sebuah passion dan hobi yang menyenangkan, tentunya hal ini juga mendorong mereka untuk terus belajar dan mengembangkan pengetahuan tentang budidayanya agar selalu berkualitas.

Dengan ketelatenan dan pengetahuan beragam teknik saat melakukan pemijahan dari indukan ikan berkualitas baik di aquarium, ikan-ikan hasil budidayanya pun akan berkualitas ekspor yang mana siap untuk menghiasi aquarium para pecinta dan penghobi ikan di seluruh dunia.

Hubungan antara para eksportir dan peternak yang saling menguntungkan ini menjadi kunci utama dalam mendorong kemajuan industri ikan hias Indonesia, yang mana bagi para pelaku eksportir para peternak berpengalaman merupakan sumber pemasok ikan hias yang ditunggu keberlanjutannya. 

Berdasarkan info bahwa yang berhubungan langsung dengan para eksportir adalah seorang suplier yang membeli pada para peternak, namun breeder pun mendapatkan keuntungan yaitu dengan adanya jaringan pasar yang luas yang dimiliki eksportir membuka peluang bagi breeder sehingga hasil panennya bisa terserap ke pasar luar negeri sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan bahkan bisa memperluas skala usaha para breeder itu sendiri. Kepercayaan dan komunikasi yang baik menjadi pondasi utama dalam hubungan ini. 

Dengan dukungan dan kolaborasi dari berbagai pihak terkait dan kondisi perairan di Indonesia yang mumpuni untuk perkembangan dan tumbuh ragam jenis ikan bukan tidak mungkin negara maritim ini akan bisa menjadi pemain utama di pasar ikan hias dunia karena terdapat peran aktif oleh para ekportir dan peternak ikan hias.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan Mei 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan