Senin, 27 Mei 2024

Tentang ikan Rasbora

Ikan Rasbora adalah ikan hias berukuran kecil yang banyak terdapat ragam jenisnya dan tersebar di beberapa perairan air tawar di beberapa negara di Asia. Ikan hias cantik ini juga terdapat di perairan tawar Indonesia yaitu di Pulau Kalimantan,  Sumatra dan Jawa. Ikan ini memiliki berbagai macam warna dan pola yang indah seperti garis-garis horizontal, bintik-bintik, dan garis-garis vertikal. 

Menurut admin ikan Rasbora ini banyak sekali jenisnya berdasarkan halaman dari situs Wikipedia yang sudah diketahui oleh para peneliti keanekaragaman hayati dari berbagai negara adalah sekitar 88 jenis, yang mana hanya beberapa halaman yang sudah terisi artikelnya. 

Ikan seluang sebutannya di Kalimantan tengah termasuk ikan Rasbora dengan empat jenis yaitu Rasbora kalochroma, Rasbora cephalotaenia, Rasbora dorciocellata dan Rasbora kalbarensis merupakan ikan yang cantik dengan warna sisik yang sangat memikat. Maka jenis ikan ini terbilang sangat beragam terutama di wilayah perairan di Indonesia.

Ikan Rasbora merupakan bagian dari keluarga Cyprinidae yang dapat ditemukan di perairan sungai dan sekitar hutan rawa dengan ragam jenis yang berbeda. Ikan ini adalah pemakan segala atau omnivora dan dalam pemeliharaan dalam aquarium bisa memakan berbagai macam makanan termasuk serpihan, pelet, makanan beku, dan makanan hidup seperti cacing sutra dan daphnia magna.

Saat ini ikan Rasbora yang dijual dengan nama pasarnya adalah seperti Rasbora emerald, Rasbora Galaxy, Rasbora Harlequin, Rasbora Hengeli, Rasbora Maculata dan Rasbora Sri Gunting. Dari sekian jumlah jenis ikan-ikan ini memiliki karakter yang berbeda serta pola warna yang unik

Rasbora Badut (Rasbora kalochroma) ikan ini bisa ditemukan di perairan tawar yang mengandung tanin disekitar hutan rawa gambut yang mana air berwarna agak kecoklatan. Ikan dengan sebutan badut ini tersebar di Pulau Kalimantan dan Sumatra bahkan sampai Semenanjung Malaysia seperti pada postingan situs aquatic ternama seriouslyfish.com. Warna ikan cenderung agak merah dan terdapat ciri seperti titik dot kehitaman di dekat ekornya sehingga dapat mudah dikenali.

Rasbora brilliant (Rasbora einthovenii) atau ikan seluang batu terdapat di perairan Kalimantan dan Sumatra bahkan di Malaysia. Ikan Rasbora ini memiliki ciri khas dengan gurat hitamnya yang sangat panjang dari mata sampai sirip ekor dan sekujur tubuhnya seperti kerlip-kerlip pada sisi tubuhnya yang berwarna kebiruan seperti di yang ditemukan di perairan Lampung.

Rasbora emerald (Danio eritromikron)
dapat ditemukan di Danau inle dan merupakan ikan asli di perairan Myanmar. Corak warna full dan berciri khas yaitu terlihat vertikal pada bagian sisi tubuhnya sehingga mudah dikenali oleh penghobi ikan hias.

Rasbora Galaxy (Danio margaritatus) juga berasal dari Myanmar Habitatnya berada di cekungan Salween yaitu sungai Nam Lang dan Nam Pawn. Corak warnanya sangat indah dan full pada tubuhnya dan terdapat totol pada bagian sisi tubuh dan sirip-sirip yang berwana. Ikan ini termasuk paling banyak permintaannya dan sudah dibudidayakan oleh para breeder di Indonesia seperti di Bandung untuk dilakukan ekspor ke luar negeri.

Rasbora Harlequin (Trigonostigma heteromorpha) berasal dan tersebar di perairan sungai di Pulau Sumatra. Warna agak kecoklatan dan terdapat tanda hitam yang hampir serupa dengan bentuk segitiga sehingga ikan ini sangat mudah dikenali. Menurut info dari BRBIH Depok bahwa ikan ini sudah dikirim ke negara-negara Eropa melalui Singapura pada tahun 1907.

Rasbora Hengeli (Trigonostigma hengeli)
ikan ini berasal dari perairan tawar di Pulau Kalimantan dan Sumatra ikan ini memiliki tubuh yang bening transparan dengan guratan warna tembaga dan terlihat sangat cantik.

Rasbora Kuning (Rasbora lateristriata) atau menyebutnya ikan wader pari yang terdapat pada perairan sungai yang agak dangkal di Pulau Jawa. Berdasarkan penelitian ikan ini masih dalam genus Rasbora, sehingga dapat dikategorikan sebagai jenis ikan rasbora karena memiliki beberapa ciri khas yang sama seperti tempat habitatnya.

Rasbora Maculata (Boraras maculatus) ikan ini merupakan ikan jenis Rasbora berukuran kerdil dan panjang tubuhnya saat dewasa mencapai 2,5 cm. Ikan ini dapat ditemukan di perairan Thailand dan Semenanjung Malaysia, kebiasan hidup dialam liarnya dalam perairan tawar yang terdapat kandungan tanin. Ciri fisik tubuhnya terdapat kombanasi warna antara merah dan paduan warna eksotis juga terdapat pola 3 bintik disisi tubuhnya.

Rasbora Sri gunting (Rasbora trilineata)
Ikan ini tersebar di Pulau Kalimantan dan Sumatera memiliki ekor yang cagak maka dinamakan sri gunting dan memiliki tubuh yang agak transparan dengan warna sisik yang terdapat guratan agak kuning emas dan warna perak. Selain itu ikan ini juga tersebar luas di sungai Chao Phraya di Thailand dan Malaysia.

Apa yang menarik dari ikan Rasbora ini? Menurut admin sendiri, karena ikan ini banyak sekali ragam jenisnya maka para penghobi ikan hias yang terbiasa menjadikannya sebagai koleksi ikan-ikan dari perairan asli, yang mana ada tantangan sendiri untuk mengkoleksinya sampai mendapatkan ragam jenisnya dengan lengkap.

Semoga infonya bermanfaat.


Kuningan Mei 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan