Jumat, 24 Mei 2024

Tentang ikan Medaka Japan Rice Fish

Artikel kali ini adalah tentang ikan padi yang berukuran kecil dan sebutan umumnya adalah ikan medaka yang dapat ditemukan diperairan tawar dan bahkan bisa temukan diperairan payau. Umumnya ikan yang sudah dewasa berukuran kecil yaitu sekitar 3,6 cm. 


Ikan medaka terpopuler oleh penghobi ikan hias adalah yang berasal dari Jepang  yaitu jenis Oryzias latipes atau dikenal Japanese rice fish dan memang sudah menjadi ikon dan populer disana dan menjadi ikan hiasan sejak ratusan tahun lalu tepatnya pada abad ke 17 oleh para penghobi ikan hias.

Berdasarkan info dari situs Mongabay bahwa ikan ini memiliki kondisi tubuh yang kuat dan ada manfaat yang besar untuk kepentingan penelitian biologi dibidang medis yaitu dapat menjadi indikator bahan-bahan berbahaya di lingkungan perairan.

Ikan medaka juga dapat ditemukan di beberapa perairan tawar di negara lain seperti dikutip dari situs Buceplant yang sudah diterjemahkan Ikan Beras Jepang berasal dari Asia Timur, dan dapat ditemukan di Jepang, Laos, Vietnam, Taiwan, Korea bagian timur, Tiongkok bagian timur di sawah, rawa, kolam, sungai yang berarus lambat, dan kolam air pasang. Namanya mengandung "padi" karena sering ditemukan di sawah

Di Indonesia sendiri juga terdapat dua jenis lain dari ikan medaka dan sudah dianggap endemik yaitu terdapat di perairan Sulawesi Selatan tepatnya di sungai Maros seperti Oryzias celebensis dan Oryzias javanicus.

Salah satu keunikannya adalah saat ikan medaka jantan sedang marah maka warna pada tubuhnya bisa berubah yaitu akan muncul tanda hitam, hal ini terdapat dari sebuah tulisan dari peneliti asal Jepang yaitu Ryutaro Ueda, Satoshi Ansai, dan Hideaki Takeuchi saat membahas keanehan jenis ikan medaka yang berada di perairan di Pulau Sulawesi, Indonesia 

"Perubahan warna tubuh yang cepat pada Oryzias celebensis sebagai sinyal sosial untuk kompetisi intraspesifik". 

Tanda hitam yang muncul pada ikan medaka jantan merupakan sinyal dominan seperti memperebutkan makanan dan akan terlihat lebih agresif.

Selain keindahan dan kegunaannya dalam penelitian ikan medaka juga memiliki potensi ekonomi sebagai ikan hias yang digemari karena terdapat warna eksotis pada bagian sisiknya. 

Semoga infonya bermanfaat.


Kuningan Mei 2024

1 komentar:

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan