Minggu, 07 Juli 2024

Farm ikan predator Cipayung

Dalam video JAMM VLOG yang diunggah di youtube pada Mei 2023 ini akan mengajak para subscribernya untuk menelusuri sebuah farm siklid predator dengan judul video HIDDEN GEM!!! RIBUAN IKAN PREDATOR DALAM GUDANG TERSELUBUNG!!!. di farm milik Bapak Purwanto yang berlokasi di Cipayung Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Farm ikan oscar di Cipayung Jakarta Timur
Screenshot channel youtube JAMM VLOG

Sejak dari awal video Koh Anthony Saputra ini sudah menunjukkan apresiasi yang tinggi karena ia sendiri adalah penggemar dan kolektor ikan-ikan predator. Bersama Pak Purwanto selaku pemilik dan pengelola farm menjelaskan berbagai jenis ikan siklid predator seperti dari ikan oscar hingga waru yang agresif.

Menurut penuturannya farm ikan predator ini didirikan pada tahun 2004 dan telah berdiri selama 20 tahun, melihat dari bentuk bangunannya yang seperti gudang dan terbilang luas bisa menjadikan tempat ini salah satu farm ikan siklid berkapasitas besar di Jakarta Timur. 

Menurut sesi tanya jawab di vlognya, farm ini memiliki spesialisasi dalam budidaya ikan oscar. Pengalaman dan dedikasi Pak Purwanto selama 20 tahun dalam budidaya ikan oscar terlihat jelas dalam kualitas ikan di farmnya seperti ikan oscar paris albino, oscar paris tembaga dan oscar tiger batik berasal dari indukan berkualitas baik.

Dalam menangani ikan-ikan hasil dari breeding yang mana telur-telur di pelihara dalam aquarium-aquarium berukuran besar yang menggunakan fasilitas aerator blower berkapasitas besar dan spon filter, artinya pemeliharaannya cukup sederhana namun hasilnya kualitas air terlihat bening dan ikan terlihat aktif di aquarium. Menurutnya bahwa ikan di farmnya tidak terlalu dimanja dalam perawatan sehingga bisa beradaptasi dan cenderung seperti di alam liar.

Ragam ikan-ikan siklid hasil breedingnya sebagian besar tidak dijual langsung ke konsumen akhir, melainkan dilepas ke pasaran saat sudah berukuran 1 inch dan dijual kepada pelaku pembesaran ikan hias. Para pembesar ikan hias inilah yang kemudian akan merawat dan membesarkan ikan hingga mencapai ukuran yang ideal untuk dijual kepada penghobies. 

Bagi para penghobies yang ingin membeli secara eceran Pak Purwanto tetap melayani pembelian eceran dan dapat datang langsung ke farm untuk memilih sendiri ikan yang  diinginkan, dan pembelian ikan oscar secara partai dapat dilayani tanpa harus datang ke farm, sebagai info untuk ikan Waru perekor ukuran 3 cm ikan tersebut dihargai sekitar Rp. 7000 perekor dan minimal pengambilan 200 ekor. Ikan hasil breeding di farmnya juga diminati oleh para eksportir ikan hias dan bisa dikatakan suplier dari para eksportir ikan hias di indonesia sampai saat ini.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan Juli 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan