Sabtu, 27 Juli 2024

Ikan hias silver dollar yang gemar makan sayuran

Ikan silver dollar (Metynnis argenteus) asalnya dari sungai Tapajós di Brasil, tapi sekarang banyak ditemukan di sungai-sungai dangkal di bagian utara Amerika Selatan. Habitat alaminya umumnya hidup di sungai-sungai yang memiliki arus air sedang, perairan dangkal, dan banyak ditumbuhi tanaman air.

Ikan ini merupakan ikan hias yang hidup di air tawar dan sudah cukup lama dikenal oleh penghobies di seluruh dunia. Ikan ini memiliki tubuh yang pipih dan berkilau seperti layaknya koin perak maka dinamakan dengan nama mata uang Amerika. Belum diketahui info bagaimana ikan hias cantik yang mirip dengan ikan bawal ini dinamakan "dollar" untuk perdagangan ikan hias.

Ikan yang masih keluarga characidae dan masih berkerabat dekat dengan ikan Piranha ini dikenal sebagai ikan yang aktif dan suka berkelompok dan pergerakannya yang lincah serta interaksi yang tinggi membuat proses pengamatan menjadi sangat menyenangkan saat berada didalam aquarium.

Ikan silver dolar  Screenshoot akun snack video Kepoin Hewan
Ikan silver dolar 
Screenshoot akun snack video Kepoin Hewan

Menurut info yang admin dapat terdapat beberapa jenis ikan silver dollar yang populer di kalangan penghobies seperti Silver Dollar Spotted yaitu jenis yang paling umum dengan bintik-bintik hitam di seluruh tubuhnya, Silver Dollar Thin Bar ikan ini memiliki garis-garis hitam tipis yang membentang di sepanjang tubuhnya dan Myleus Blackberry yaitu jenis yang lebih kecil dengan warna hitam kecoklatan.

Berdasarkan pengalaman dari orang yang sudah memeliharaanya ikan ini tidak terlalu rewel dalam hal perawatan, sehingga cocok untuk pemula maupun penggemar ikan hias berpengalaman. Umumnya, jenis-jenis ikan silver dollar bersifat damai dan cocok hidup bersama dengan ikan-ikan lain yang memiliki ukuran dan temperamen yang serupa dan bisa juga menjadi tankmate ikan predator.

Perawatan ikan silver dolar umumnya mudah dirawat, tetapi membutuhkan aquarium yang cukup besar karena ukurannya bisa mencapai 20 cm atau lebih, khususnya dari jenis Kait merah yang dapat tumbuh lebih besar dari jenis yang berbeda.

Ikan ini juga termasuk pemakan segala namun cenderung vegetarian seperti yang diinfokan oleh situs aquarist thesprucepets.com makanan kesukaan ikan ini adalah serpihan sayuran seperti spirulina dan sayuran berdaun hijau seperti selada, selada air atau bayam yang sudah dimasak, namun ikan ini juga bisa diberikan makanan yang kaya nutrisi seperti cacing darah atau larva nyamuk.

Alasan utama mengapa ikan silver dollar begitu digemari adalah karena penampilan yang menarik umumnya berciri khas dengan warna perak mengkilap yang khas dan bentuk tubuh yang hampir ada kemiripan dengan ikan bawal namun sangat menyukai makanan yang berasal dari tumbuhan. seiring popularitasnya meningkat dikalangan penghobies membuat ikan silver dollar menjadi salah satu jenis ikan hias yang paling banyak dicari di toko-toko ikan hias di Indonesia.

Semoga infonya bermanfaat.



Jakarta Juli 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan