Kamis, 04 Juli 2024

Usaha ikan hias ekspor dari kosan

Review video youtube kali ini adalah ada sebuah kosan yang sebagian ruangannya disulap menjadi budidaya ikan hias kualitas eksport seperti judul video channel youtube Audrey A KOSAN INI DI SULAP JADI PABRIK IKAN EKSPOR!! IKAN SEGEDE KOIN HARGA RATUSAN DOLAR!! RDY GUPPY yang menarik ini terdapat kisah nyata inspiratif tentang seorang pengusaha dan breeder ikan hias kreatif yang mengubah hal yang tidak terduga menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.

Molly platinum
Molly kualitas ekspor
Screenshot channel youtube Audrey A

Ide cemerlang Rudy (RDY Guppy) untuk mengubah kosan tersebut menjadi tempat budidaya ikan hias yang diminati pasar. Ikan-ikan ini berukuran kecil dan namun memiliki nilai jual yang tinggi terutama di pasaran luar negeri. Harganya pun fantastis bisa mencapai ratusan dolar per pasang sesuai dengan cerita yang disampaikan pada Koh Audrey (king of the jungle).

Farm skala rumahannya ini identik dengan nama ikan guppy namun pada kenyataannya ia lebih menyukai lebih banyak ikan hias air tawar dari jenis lain seperti ikan molly. 

Vlog video yang dilakukan pada malam hari ini dan kurangnya penerangan membuat situasi farm skala kecil ini tidak begitu jelas seperti apa kondisi dan gambaran tata letak wadah-wadah pendederan ragam ikan hias live bearer ini terkecuali setelah masuk ke area rak berisi aquarium-aquarium kecil yang berada di ruang display.

Diruangan ini banyak sesi tanya jawab tentang potensi dari ikan yang dibudidayakan seperti ikan molly yang tidak biasa dan jarang sekali ditemukan di toko ikan hias yaitu ikan molly warna platinum dengan warna mata yang tidak umum menurut Rudy memiliki harga tinggi di pasar luar negeri. 

Menurut rudy yang sudah berpengalaman ekspor, bahwa ikan jenis molly ini berharga tinggi apabila memiliki warna mata yang berwarna kristal dan merah dan pada umumnya terdapat kelainan genetik. Mengenai warna pada mata ada urutannya dari yang termahal sampai standar yaitu warna mata berwarna kristal, merah, biru dan hitam.

Rudy juga mengatakan bahwa ada sebagian ikan yang akan diikutsertakan pada acara Nusatic saat menunjukan ikan molly dari jenis strain lama yaitu black Sailfin , dan memang ikan-ikan molly juga sudah ada kontesnya khususnya di Indonesia dan ada komunitas yang dinamakan IXMA Indonesian Xiphoporus & Molly Association. Saat dikontes seperti pada ikan hias yang layak mengikuti kontes penilaiannya dilihat dari body, sirip-sirip dan warna ikan tersebut.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan Juli 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan