Jumat, 05 Juli 2024

Pompa Celup DC lebih aman dibanding Pompa celup AC

Pompa celup (submersible pump) merupakan salah satu komponen penting untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan ekosistem dalam perairan aquarium yang bekerja dengan cara mensirkulasi air, mengantarkan oksigen, dan membantu menyaring kotoran yang terbawa arus. Namun ada hal yang perlu diperhatikan dimana pompa ini terdapat kabel yang juga ikut masuk dalam air saat pemakaian pompa celup di aquarium, dan hal yang perlu dikhawatirkan adalah ketika terdapat kebocoran listrik pada bagian pompa, meskipun jarang terjadi namun kejadian ini dapat menimbulkan risiko sengatan listrik "nyetrum". Hal ini tentu menjadi kekhawatiran bagi para penghobies saat ingin membersihkan aquarium.

Teknologi pompa celup terus berkembang dengan menghadirkan solusi keamanan yang lebih baik bagi para penggunanya. Pompa celup dengan teknologi terbaru dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang mampu meminimalisir risiko korsleting listrik dan melindungi dari bahaya sengatan listrik seperti pompa celup sistem arus listrik DC yang memakai alat konverter.

Salah satu youtuber yang membahas tentang sistem arus listrik pada pompa celup ini adalah Anthony Saputra dimana mengunggah video youtube terbaru yang membahas tentang pompa celup yang lebih aman untuk kebutuhan aquarium dirumah. Dalam videonya ia memperkenalkan merek pompa celup yang terbilang aman dan terpercaya dari segi kualitas.

Ia juga membahas penggunaan pompa celup seperti risiko korsleting listrik akibat adanya kebocoran pada bagian internal pompa tersebut. Beberapa poin penting dibahas dalam videonya akan memberikan panduan lengkap untuk memilih pompa celup yang dinilai lebih aman sesuai dengan kebutuhan aquarium termasuk pertimbangan ukuran, aliran air, dan konsumsi daya listrik.

Video ini dibuat sebagai pengetahuan jika pompa celup submersible menggunakan tenaga listrik ini bisa berpotensi membahayakan penghobies karena bisa saja terjadi korsleting saat pompa ini berada di dalam air, dimana penghobies tidak mengetahui jika ada permasalahan pada pompa yang selama ini bekerja mensirkulasi aquarium. Dalam video vlog yang diunggah 1 Juli 2024 dengan judul BERDUKA CITA‼️HOBIES IKAN KEHILANGAN NYAWA BERSAMA ISTRI NYA DI KOLAM IKAN MEWAH MILIKNYA ini ia akan mempraktekan kategori produk pompa celup yang terbilang aman digunakan dan meminimalisir sengatan listrik jika terjadi korsleting.

Untuk memperagakan pompa celup yang membutuhkan daya listrik ini ia menghadirkan Koh Adit sebagai perwakilan dari Rumah Mayin dan seorang teknisi listrik Pak Ali yang sudah berpengalaman dibidang dunia kelistrikan seperti arus listrik dari pompa AC dan DC. Perbincangan ini cukup menarik untuk diketahui oleh para penghobies ikan hias sebagai pengetahuan tentang spesifikasi produk pompa celup.

Tes arus listrik Pompa celup AC dan DC di Rumah Mayin x JAMM VLOG

Sebagai perbandingan ia membawa satu buah pompa AC dan satu buah pompa DC yang keduanya merupakan pompa celup produk Rumah Mayin, namun ada salah satu pompa yang dikomplain adalah pompa AC yang berwarna hitam merah.

Kedua pompa yang berlainan sistem ini akan di tes pada aquarium berisi air untuk di tes kerusakan yang disengaja dan menilai seberapa aman saat digunakan oleh penghobies ketika pompa celup aktif di dalam aquarium, yang mana pada umumnya pompa celup ini akan selalu dalam air dan akan dinyalakan untuk waktu yang cukup panjang.

Sebelum melakukan praktek ada sesi tanya jawab mengenai arus listrik, ketika ditanya oleh Koh Anthony apa perbedaaan arus listrik AC dan DC , Pak Ali menjawab bahwa jika listrik AC voltase langsung dari PLN tanpa ada alat pengaman dan arus langsung seperti pompa, sementara DC ada alat khusus untuk menghantarnya.

Sebagai contoh sederhana bahwa jika ada pompa celup yang ada controler tanpa ada konverter bisa dipastikan itu adalah pompa AC sedangkan pompa yang ada sistem konverter adalah pompa DC. Perlu diketahui juga alat konverter dalam video ini bentuknya seperti adaptor.

Menurut Pak Ali dari segi keamanan tentu lebih baik menggunakan Pompa DC, kalau AC itu kalau ada arus bocor tidak ada penghambat atau penjaga, kalau DC jika ada arus bocorpun pompa ini ada alat pengaman yang bisa menhandle arus listrik langsung.

Pada saat praktek yang menggunakan peralatan pendukung kelistrikan dan mendemokan langsung pompa DC pada aquarium yang sudah disediakan berikut airnya. Saat dites seolah-olah ada kerusakan pada bagian kabel yang dipotong (bocor kabel) oleh Pak Ali ternyata tidak ada arus listrik langsung saat dipegang, dan selanjutnya kabel dimasukan kedalam air di aquarium apakah akan korsleting atau tidak dengan mantap Pak Ali bilang masukan saja ke aquarium. Dan memang benar ruangan galeri tidak "menjeplak" sedangkan pompa DC masih tetap berjalan bersamaan dengan kabel yang sudah terbuka dari kulitnya didalam aquarium dan pembuktian lainnya tangan Koh Adit dan Anthony dimasukan dalam aquarium yang mana keduanya tidak tersetrum.

Sementara pada saat praktek menggunakan pompa AC yang dimasukan dalam aquarium yang sama berikut pengetesannya, menurut Pak Ali bahwa ini terdapat arus listrik yang jika kabel yang sudah digunting bagian kulitnya yang terindikasi terdapat kebocoran ini dimasukan dalam aquarium maka akan berdampak "menjeplak" dan seisi ruangan bisa mati lampu. Praktek ini tidak diteruskan dikhawatirkan ada dampak pada lampu-lampu yang ada di galeri, dan cukup dari hasil dari deteksi yang sudah diukur dari alat tes meter pendukung kelistrikan tersebut.

Menurut admin, memilih pompa celup dengan teknologi terbaru bukan hanya tentang performa tetapi juga tentang keamanan penghobies saat memelihara ikan hias. Dengan fitur keamanan yang canggih pompa celup terbaru seperti sistem konverter terbilang lebih aman bagi penghobies dan ikan-ikan yang dipelihara. 

Diharapkan kita bisa memprioritaskan keamanan dan pilihlah pompa celup yang tepat untuk membuat lingkungan aquarium yang lebih aman. Dengan demikian para penghobies disarankan untuk memakai pompa celup sistem DC karena lebih aman saat digunakan pada kolam atau aquarium. 

Namun bagi yang sudah terlanjur dan terbiasa memakai pompa celup AC selalu perhatikan aktifitas pompa saat akan membersihkan aquarium dan sebelumnya lepaskan kabel yang masih tercolok di stop kontak dan agar benar-benar mati total. 

Dan salah satu hal terpenting adalah pada sistem kelistrikan di rumah adalah pentingnya memakai sistem grounding yang benar dan jika perlu pasang Ground Fault Circuit Interrupter (GFCI) pada stopkontak yang digunakan untuk pompa celup. GFCI dapat secara otomatis mematikan aliran listrik jika terjadi kebocoran arus.

Admin tidak sepenuhnya mereview sesi tanya jawab karena belum paham betul mengenai ilmu kelistrikan dan hanya menyimak dari pembahasan mengenai arus listrik di video. Agar lebih detail rekan pembaca bisa menonton videonya di Youtube sekaligus mengetahui ilmu tentang arus listrik yang dijelaskan di video.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan Juli 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan