Selasa, 23 Juli 2024

Ikan cupang strain vanda

Di kalangan pecinta ikan cupang, nama ikan cupang "vanda" sudah tidak asing lagi karena varian cupang ini kembali menjadi primadona di tahun 2024. Beberapa jenis vanda yang paling dicari saat ini antara lain vanda yellow dan vanda MG yang didominasi warna biru.

Ikan cupang yang juga disebut ada kemiripan dengan bunga vanda kuning yang biasa tumbuh di Asia ini sudah menjadi tren di Thailand, dan beberapa indukannya sudah dibeli oleh farm cupang Lazuardibettaconcept yang berada di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Menurut info dari chanel youtube KANG MARCU di farm Lazuardi ini salah satu tempat membeli ikan jenis vanda yang dapat direkomendasikan karena warnanya yang sangat ngebrush.

Untuk membeli strain vanda dari ukuran anakan perlu kecermatan dari para penghobies cupang, karena seringnya saat pertumbuhan menjadi dewasa ikan cupang hibrid ini akan bermutasi warna dengan jenis yang tidak diharapkan, maka diperlukan untuk mengetahui tentang indukannya yang berkualitas baik dan membeli bahan anakan yang sudah notol dan akan bermutasi warna seperti indukannya, seperti cupang vanda yellow yang ada dalam vlog video. Saat ditanya oleng Kang Marcu berapa harga vanda yellow size m full saat ini dipasaran? Dikalangan penghobies ikan ini dihargai Rp. 800 ribu sampai Rp. 1,5 juta perpasang betina dan jantan.

Anakan vanda mg berkualitas baik
Screenshot channel youtube KANG MARCU

Dalam video berikutnya bang Lazu juga memperlihatkan strain vanda mg yang berwarna kebiruan royal blue dengan totol dan bending di sekitar ekor dan sirip yang sangat cantik, menurut bang lazu ikan ini masih sangat jarang di pasaran dan penghobies. Ikan cupang strain mg kebiruan dengan warna totol khasnya dibagian sirip ini memiliki harga yang lebih tinggi dipasaran bisa mencapai dibawah 5 jutaan sementara, femalenya mencapai 11 jutaan.

Menurut sepengetahuan Bang Lazu di Indonesia sendiri para breeder vanda mg sudah ada kurang 10 breeder dan hasil anakan yang sangat berkualitas baik itu masih bisa dihitung dengan jari. Ikan cupang varian vanda ini juga sebelumnya sudah pernah keluar pada tahun 2015 sampai 2016 tapi dari jenis halfmoon namun belum sempat "boom", namun saat ini ikan cupang jenis vanda viral dan banyak sekali yang berminat untuk mengkoleksi.

Semoga infonya bermanfaat.



Kuningan Juli 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan