Minggu, 28 Juli 2024

Pengalaman merawat ikan predator di aquarium

Memiliki ikan predator di dalam aquarium mungkin terdengar ekstrem bagi sebagian orang. Namun bagi para penghobies merawat ikan predator air tawar atau laut adalah merupakan tantangan tersendiri. Dengan insting berburu yang tajam dan akurat ikan-ikan ini memberikan pengalaman memelihara yang sangat berbeda terutama dari segi perawatannya.

Artikel kali ini adalah tentang pengalaman memelihara ikan predator seperti cara merawat kualitas air pada aquarium yang mana air tersebut bisa bertahan lama dengan kondisi air tetap terlihat bening dan ikan peliharaan yang berada didalamnya tetap sehat dan tumbuh dengan baik. Perawatan kualitas air yang baik pada aquarium tentunya hal yang sangat penting untuk para penghobies ikan karena dibutuhkan ilmu dan pengalaman untuk mewujudkannya.

Salah satu pengalaman yang dilakukan oleh Bang Daniel yang juga seorang penghobies ikan predator yang diliput oleh team channel youtube JAMM VLOG yang mana ia bisa menjaga kualitas air dalam aquarium ukuran besar yang berisi ikan predator tanpa melakukan kuras selama satu tahun.

Terlihat dalam video air dalam aquarium tetap bening dan ikan predator yang dipelihara tetap sehat dan aktif saat diberikan pakan. Sebelumnya Koh Anthony mengetahui info tentang pemeliharaan ikan dengan water treatment sederhana ini dari akun tiktok Danielavalonfishing dari teamnya.

Terdapat edukasi dalam vlog video seperti dalam pemberian pakan pada ikan yang tidak berlebihan dan pentingnya melakukan puasa pada ikan, seperti ikan arwana superred yang dipelihara dalam aquariumnya. Ikan arwana ini di beri pakan ulat jerman setiap hari dengan kadar sedikit hanya pagi hari saja, dan khususnya pada hari minggu ikan arwana ini dipuasakan. Khusus ikan predator memang diperlukan puasa dalam satu minggu yang akan berdampak baik bagi ikan itu sendiri, yaitu dengan cara berpuasa akan membersihkan sisa makanan dan dibuang secara total sehingga tidak ada penumpukan di dalam perut ikan untuk menghindari potensi bakteri yang tidak baik.

Selanjutnya ada ada sebuah aquarium ukuran 2 meter dengan lebar 1,5 meter dan kedalaman 80 cm menggunakan ketebalan kaca 12 mm, yang berisi ikan-ikan predator berukuran jumbo yang menurut Bang Daniel ikan-ikan ini dipelihara dari ukuran kecil. 

Aquarium ikan predator 2 x 1,5 x 0,8 cm
menggunakan ketebalan kaca 12 mm
Screenshot channel youtube JAMM VLOG

Menurut pengalamannya dalam merawat ikan-ikan tersebut hal yang dilakukan untuk menjaga kualitas air adalah dengan cara yang terbilang sederhana yaitu menggunakan pompa celup dan chamber filter. Dalam pemberian pakan pada ikan 6 predator jumbo campuran ini diberikan cacahan lele potong seminggu dua kali dan pemberian pakan jangan sampai telat karena akan menimbulkan hal yang tidak diinginkan misalnya akan saling serang dan bisa menyebabkan luka pada tubuh ikan.

Untuk merawat air pada aquarium tersebut menggunakan rutin bakteri starter setiap satu minggu sekali dan pemberian garam krosok. Menurutnya juga air yang digunakan adalah dari air pam dilingkungan rumahnya yang tidak diendapkan lagi dan langsung dikocorkan dalam aquarium dan terbukti ikan yang dipelihara dari ukuran kecil dan sampai berukuran jumbo tersebut masih hidup dan pertumbuhannya optimal. 

Ilmu edukasi lain yang dapat dari vlog video  adalah seperti timbulnya jentik nyamuk yang berada pada permukaan air di bagian chamber dikarenakan memakai sistem arus yang kecil dan masih ada potensi untuk nyamuk menaruh telur-telurnya, untuk mengatasinya bisa menggunakan ikan pemakan jentik nyamuk seperti ikan guppy seperti yang dilakukan oleh Bang Daniel.

Semoga infonya bermanfaat.


Jakarta Juli 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan