Minggu, 17 Februari 2013

Peluang bisnis ternak ikan guppy


Siapa yang tidak tertarik dengan keelokan dan keindahan ikan guppy, ikan hias mungil berekor lebar ini memiliki ragam warna pada tubuhnya. Hingga kini ikan hias eksotis ini selalu banyak peminatnya terutama bagi pecinta ikan hias air tawar. Saat ini harga pasaran ikan guppy di toko ikan hias dihargai Rp. 1500 - 2000 per ekornya bahkan ada yang mencapai puluhan ribu (tergantung jenis strain unggulan), dan biasanya untuk menikmati keindahannya di aquarium orang-orang akan membeli dalam jumlah yang banyak, karena ikan berjuluk seribu luput ini akan tampak indah dipandang jika berenang dan bergerombol di dalam aquarium, apalagi jika aquarium di lengkapi dengan lampu hias yang berwarna warni.


Menariknya ikan guppy juga dapat dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan, yaitu dengan membudidayakannya. Bahkan di lahan perkotaan ikan ini dapat dengan mudah diternakan, mengingat guppy termasuk ikan hias yang tidak cengeng asalkan kondisi air tidak tercemar dengan bahan pelarut yang membahayakan.

Peluang bisnis ternak guppy
Artikel ini merupakan hasil rangkuman singkat dari majalah Trubus yang terbit pada tahun 2003, yang mengulas seorang yang sukses beternak ikan guppy di Jakarta timur, dengan judul "Panen Rp 5 juta dari halaman", lahan yang dipakai halaman depan rumah dengan luas 100 meter persegi.

Adalah Ahmad Yusuf menanamkan modalnya untuk membuat puluhan aquarium  ukuran 100x30x35 cm untuk tempat indukan dan pembesaran burayak yang ditaruh pada rak-rak kayu bersusun tiga, dengan manajemen yang baik aquarium pembesaran  sebanyak 60 buah dibagi menjadi 3 kelompok yaitu umur 1 bulan, 2 bulan dan 3 bulan. Setiap kelompok umur dipelihara 20 aquarium yang masing-masing diisi 300 ekor. Sementara untuk proses pemijahan ia menggunakan 4 kolam permanen sedalam 30 cm dan pembesaran larva memanfaatkan baskom plastik berdiameter 30-40 cm. Alhasil dengan memanfaatkan lahan halaman tersebut dalam sebulan ia dapat menghasilkan 6000 ekor dan mendapat laba Rp. 5 juta.

Untuk memasarkannya ia memasok ke seorang pelanggan di kawasan Menteng, Jakarta. Lambat laun permintaan pun  datang dari berbagai daerah luar kota, seperti bandung, Semarang, dan Malang. Menurut Yusuf puncak penampilan ikan guppy bisa bertahan 3 sampai 4 bulan saja, setelah berumur 7 bulan tubuh ikan mulai bungkuk dan ekornya layu, sehingga mau tidak mau konsumen membeli ikan guppy yang baru dan tampil lebih prima.

Dengan demikian peluang bisnis ternak guppy memang berpotensi menghasilkan keuntungan yang sangat baik dan memiliki harga tinggi perekornya, apalagi pakan yang diberikan bisa memakai kutu air yang mana pakan alami ini dapat dicari bahkan dibudidayakan sendiri sehingga beban biaya untuk kelangsungan hidup ikan ini dapat di perkecil.

Artikel ikan hias lainnya :

1. Breeding arwana super red di cibubur
2. Siklid klangenan tropheus banyak di buru hobiis
3. Udang mungil nan cantik asal Sulawesi

3 komentar:

situs 3gp

Blog list