Rabu, 02 Januari 2019

Tentang Breeding Ikan Diskus yang Unik

Ikan discus mempunyai cara unik untuk melakukan perkawinan dan ikan ini juga sangat sensitif terhadap air tawar  pemeliharaannya.

Bagaimana cara  untuk mengembang biakkan ikan diskus yang umum dilakukan. Biasanya  para peternak akan mengambil  lebih dari 3 pasang atau berjumlah 6 ekor terdiri dari 3 jantan dan 3 betina yang sudah dewasa. Hal ini akan membiarkan ikan diskus ini membentuk pasangannya sendiri.

Saat pasangan terbentuk mereka akan memilih wilayah pengembang biakan di dalam akuarium dan mempertahankannya dari pasangan ikan diskus lain. Ketika kita melihat ini terjadi, disarankan untuk memindahkan pasangan ikan diskus ke akuarium terpisah.

Saat masa masa pengembang biakan ikan diskus akan meletakan telur di media  seperti kerucut (media dapat dibeli di toko  aquarium khusus penjual diskus) atau paralon.

Pasangan induk diskus akan merawat telur telur itu sampai menetas. Setelah telur menetas induk diskus mulai mengeluarkan sejenis lendir dari tubuh mereka di mana anakan diskus akan memakan selama beberapa minggu.

Sumber gambar screenshot channel Tony xq 

Setelah mengikuti induknya selama kurang lebih satu bulan anakan dan indukan dapat dipisahkan. Dimaksudkan agar anakan dapat mandiri untuk mencari makan sendiri. Menurut beberapa pembudidaya yang telah berhasil ada baiknya anakan ikan diberikan pakan daphnia hasil budidaya karena lebih aman dan bersih.

Saya sendiri belum pernah mengembang biakan ikan diskus Insya Allah jika ada waktu bisa Breeding sendiri :D.



Kuningan Januari 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan akan di moderasi dulu

Blogger Kuningan

Blogger Kuningan